Menikmati Segarnya Objek Wisata Lamsujen Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Menjelajah objek wisata di Aceh seakan tak ada habisnya. Di sejumlah daerah di Tanah Rencong, terdapat sejumlah objek wisata yang masih alami, salah satunya Krueng Lamsujen, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Krueng Lamsujen termasuk salah satu objek wisata alam di Kabupaten Aceh Besar yang belum banyak diketahui orang. Diapit perbukitan dan hutan berantara, objek wisata ini memiliki air sungai yang segar.

Selain itu, objek wisata Lamsujen juga memiliki hamparan batu, baik berukuran besar, kecil, datar dan lebar sehingga sangat cocok untuk bersantai atau hanya sekedar untuk berfoto.

Akses menuju lokasi objek wisata Lamsujen cukup mudah, jaraknya sekitar 56 kilometer dari Kota Banda Aceh, pusat ibu kota Provinsi Aceh. Di KM 56 Jalan Banda Aceh-Meulaboh, pengunjung akan diarahkan belok ke kiri.

Pengunjung dilokasi wisata Lamsujen. (Popularitas/ist)

Di sana, sebuah papan nama bertuliskan Objek Wisata Lamsujen terpampang di pinggir jalan. Untuk mencapai lokasi objek wisata, pengunjung hanya harus menempuh perjalanan sekitar 500 meter lagi.

Sepanjang jalan 500 meter itu, pengunjung bakal melewati jalan perkampungan. Pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan nan indah berupa hutan belantara, perkebunan durian, dan sejumlah tanaman warga lainnya.

Saat tiba di lokasi, gemuruh air sungai yang melewati bebatuan memadati indra pendengar. Ditambah lagi dengan suara burung berkicau. Objek wisata air Krueng Lamsujen memang begitu eksotis, terlebih dihimpit oleh perbukitan.

Objek wisata Krueng Lamsujen direkomendasikan menjadi salah satu tempat yang paling tepat untuk menghilangkan rasa penat dari kebisingan kota, terlebih saat libur akhir pekan tiba.

Selain menawarkan kondisi alam yang masih natural, pengunjung juga bisa bermandian, sambil bercanda dengan teman. Apalagi, di sisi sungai juga terdapat pepohonan yang bisa digunakan untuk melompat dengan gaya bebas, menghempaskan badan ke dalam air yang segar.

Selain bisa bersantai menikmati derasnya air sungai, tempat ini juga menjadi lokasi yang tepat untuk memancing. Banyak warga di sini yang memanfaatkannya, baik untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga atau sekadar hobi saja.

Seorang pengunjung, Wildan El-Fadhil mengaku ini baru pertama kali mengunjungi objek wisata Lamsujen. Sebelumnya, objek wisata ini hanya dilihat di media sosial.

“Kebetulan diajak oleh teman-teman, makanya saya ikut, apalagi saya sedang libur akhir pekan,” kata Wildan saat ditemui di lokasi, beberapa waktu lalu.

Wildan mengaku kagum dengan objek wisata Lamsujen. Sebab menurutnya, objek wisata ini masih alami dan terbebas dari pungutan liar warga setempat.

“Lokasinya masih alami dan objek wisata ini tidak ada pungutan liar dari preman-preman gampong,” tutur Wildan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin mengatakan, Aceh Besar memang memiliki potensi wisata yang tak perlu diragukan lagi keindahan dan pesonanya. Apalagi spot wisata di sana selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Lhamseujeun, kata dia, bisa menjadi alternatif wisatawan untuk melepas lelah. “Ini tempat wisata menarik dan kekinian,” kata Jamaluddin.

Untuk itu, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sana, diharap tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan cara menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.

Jamaluddin juga mengajak seluruh pelaku dan pengelola wisata disiplin sertifikat cleanliness, health, safety, environmental sustainability (CHSE) di tengah pandemi COVID-19.

“Penerapan CHSE secara displin akan menekan penyebaran Covid-19 dan mengembalikan kembali geliat sektor wisata,” kata Jamaluddin.

Untuk menjaga agar sektor pariwisata tetap eksis adalah dengan disiplin menerapkan CHSE yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

-ads-

-ads-
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.