Menguji Adrenaline di Pantai Ujung Kareung Sabang

POPULARITAS.COM – Berbicara potensi wisata bahari di Sabang tidak akan pernah habis. Bahkan, setiap meter di daratan Kota Sabang itu, menyimpan potensi wisata.

Di kota yang berjulukan Pulau Weh itu banyak terdapat spot wisata yang bisa dikunjungi. Kali ini, ada spot wisata yang terbilang hits dikalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Lokasinya berada di Desa Ujung Kareung, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Letaknya hanya sekitar tujuh kilometer dari pusat kota Sabang.

Di tempat ini, pengunjung dimanjakan dengan keindahan pantainya. Jika sudah sampai dilokasi, kelelahan selama perjalanan akan terbayar dengan pemandangan yang eksotis ditambah dengan susunan karang sepanjang pantai.

Susunan batu karang menjadikan tempat ini memiliki keunikan tersendiri. Menurut masyarakat setempat, Desa Ujung Kareung ini dinamai karena banyaknya terdapat karang di sepanjang pesisir pantai.

Birunya air laut membuat pengunjung tidak ingin beranjak pergi dari lokasi ini. Bahkan pengunjung bisa melihat putihnya pasir laut dan ikan-ikan jinak di kedalaman 5 sampai 6 meter di dasar laut.

Di sini, pengunjung bisa menguji adrenaline melompat dari atas karang ke laut dengan jarak sekitar 10 meter. Pengelola lokasi wisata baru-baru ini membuat sebuah papan loncat yang mengarah ke laut. Papan tersebut panjangnya sekitar lima meter yang diikat di batu karang.

Warga setempat mengatakan, spot wisata papan loncat ini dibuka sekitar tahun 2017 lalu. Tempat ini, lebih sering digunakan warga untuk memancing ikan.

“Banyak pengunjung yang datang ke sini. Ada yang mandi ada juga yang hanya sekedar untuk foto-foto. Makanya dibuat papan ini, agar aktivitas pengunjung ada,” ujar Saiful, pengelola lokasi wisata tersebut beberapa waktu lalu.

Pengelola juga membuat sebuah tangga agar para pengunjung mudah untuk naik kembali ke darat. Disarankan pengunjung harus berhati-hati, karena dinding karang yang terdapat di sekitar papan tersebut memiliki permukaan yang abstrak dan cukup tajam.

Namun, tidak perlu khawatir, karena kedalaman air di bawah papan loncat indah ini berkisar antara 4-5 meter. Selain itu tidak terdapat karang di dasar air sehingga tidak terlalu berbahaya.

Salah seorang pengunjung, Rahmat mengatakan awalnya ia mengetahui tempat itu lewat foto di media sosial Instagram.

“Awalnya saya tau setelah viral di sosial media. Sempat bingung juga mencari tempat ini. Namun akhirnya kami bisa juga sampai di sini,” ujar Fahzian.

Spot wisata di Desa Ujung Kareung ini bisa menjadi salah satu referensi pengunjung, bila menghabiskan waktu berlibur di Pulau Paling ujung Barat Indonesia itu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin mengatakan, Sabang memang memiliki potensi wisata yang tak perlu diragukan lagi keindahan dan pesonanya. Apalagi spot wisata di sana selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

Pantai Ujung Kareung di Sabang, kata dia, bisa menjadi alternatif wisatawan untuk melepas lelah usai berjelajah di Sabang.

Untuk itu, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sana, diharap tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan cara menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.

Jamaluddin juga mengajak seluruh pelaku dan pengelola wisata disiplin sertifikat cleanliness, health, safety, environmental sustainability (CHSE) di tengah pandemi COVID-19.

“Penerapan CHSE secara displin akan menekan penyebaran Covid-19 dan mengembalikan kembali geliat sektor wisata,” kata Jamaluddin.

Untuk menjaga agar sektor pariwisata tetap eksis adalah dengan disiplin menerapkan CHSE yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (ADV)

Comments
Loading...