News

Mengajarkan Pemahaman Islam Sejak Dini Melalui Pawai Muharram

BANDA ACEH (popularitas.com) – Berbagai kostum, seperti polisi, TNI, pakaian adat, pakaian ihram haji, serta pakaian muslim lainnya tampak dikenakan ratusan anak. Sambil berjalan, salawat nabi, doa, serta puji-pujian kepada Sang Khalik, terdengar mengiringi langkah-langkah kaki mungil mereka.

Itulah barisan pawai karnaval memperingati 1 Muharram yang diikuti oleh ratusan anak-anak sekolah tingkat PAUD dan taman kanak-kanak se Kecamatan Ulee Kareng.

Pawai hari itu menempuh rute mulai dari Masjid Lamteh, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, dan finish di kantor kecamatan. Anak-anak ini kemudian diajak untuk mendengarkan cerita dongeng tentang kisah-kisah islami di aula gedung yang terletak di kawasan Pango, Banda Aceh tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan supaya anak-anak mencintai hari-hari besar agama Islam, salah satunya seperti 1 Muharram,” kata Ketua Panitia Karnaval, Evy Susanti Lingga, Sabtu, 7 September 2019.

Karnaval tersebut dikatakan sebelumnya pernah dilakukan pada puncaknya 1 Muharram, di Blang Padang. Namun karena saat itu kuotanya terbatas, dan tingginya antusias anak-anak yang ingin ikut serta, sehingga dibuat kembali.

“Peserta terdiri dari 19 sekolah PAUD, TK yang ada di Ulee Kareng, berjumlah lebih kurang 650 orang,” sebut Evy.

Adapun kegiatan dongeng dikatakan Evy bertujuan agar anak sejak dini telah memahami tentang Islam.

“Jika biasanya anak-anak hanya mendengar secara teori, namun dengan dongeng jadi lebih mudah,” ujarnya.

Sementara itu, Khatmi Ilyas, salah satu orangtua peserta mengaku kegiatan ini sangat bermanfaat. Selain memperkenalkan tahun baru Islam, secara tidak langsung kegiatan ini juga mengajarkan bagaimana bersosialisasi antar peserta didik, serta budaya Indonesia melalui beragamnya pakaian adat yang dikenakan.

“Kegiatan ini cukup bermanfaat bagi anak didik PAUD dan TK dalam memperingati dan menyemarakkan 1 Muharram 1441 H,” kata ayah Daffa dan Khansa dari TK Al-Ihsan Pango ini.*(RIL)

Shares: