News

Menag Bicara Soal Moderasi Beragama pada Mahasiswa di Bireuen

Menteri Agama di Bireuen. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Menteri Agama Republik Indonesia, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi menyampaikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa di Aula Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen pada Sabtu, 22 Februari 2020.

Kegiatan itu dilaksanakan setelah menghadiri acara keanduri kebangsaan di Sekolah Sukma Bangsa, Kabupaten Bireuen. Saat memberi materi di kuliah umum, Fachrul Razi menyampaikan tentang moderasi beragama dan membangun identitas kebangsaan dan keislaman.

Ia menuturkan, Kementerian Agama memiliki program moderasi agama. Menurut dia, moderasi beragama bukanlah memoderatkan agama, melainkan moderasi cara beragama, dalam artian tidak terlalu ekstrim dan tidak liberal.

“Agama itu memang sudah moderat hingga akhir zaman. Tapi yang dimoderatkan adalah cara kita beragama,” kata Fachrul Razi dalam keterangannya, Sabtu, 22 Februari 2020.

Dalam kesempatan itu, Fachrul juga menceritakan bahwa dirinya telah mengunjungi sejumlah negara Islam Arab seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab untuk mengkaji cara beragama di sana. Menurutnya, negara-negara tersebut sangat menjunjung tinggi nilai toleransi dan juga semangat kebangsaan tanpa meninggalkan identitas keislaman.

Kata Fachrul, pada hakikatnya nilai-nilai di atas telah lama dipraktikkan  oleh pahlawan-pahlawan Indonesia di masa lalu saat menghadapi penjajahan. Sebab itu, ia berharap masyarakat Indonesia dapat terus memoderasi cara beragama tanpa memisahkan identitas kebangsaan.

“Dari dulu pahlawan-pahlawan Aceh berjuang dalam rangka untuk membela identitas kebangsaan dan keislaman. Dari dulu kita tidak pernah memisahkan itu,” katanya.

Kuliah umum ini dihadiri oleh Plt Kakanwil Kemenag Aceh Djulaidi Kasim, Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh Saifuddin, Rektor UNIKI Marwan Hamid, dan anggota DPR RI asal Aceh.*(C-008)

Shares: