Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Memek Jadi Warisan Budaya tak Benda Baru dari Aceh

JAKARTA (popularitas.com) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dirjen Kebudayaan menggelar Malam Apresiasi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia 2019, di Istora Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Selasa malam, 8 Oktober 2019.

Malam apresiasi tersebut juga mengundang para gubernur dan bupati/ walikota se-Indonesia sebagai penerima sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia.

Plt Gubernur Aceh yang diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, menerima empat sertifikat karya budaya Aceh yang telah ditetapkan sebagai WBTB Indonesia.

Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, yaitu Sining, Gutel, Silat Pelintau dan Memek.

“Dengan ditetapkan empat karya budaya ini, maka jumlah karya budaya Aceh yang telah menjadi Warisan Budaya tak benda Indonesia menjadi 34 karya Budaya.

Jamaluddin berharap kabupaten/ kota aktif untuk mencatatkan warisan budaya di wilayahnya sebagai upaya untuk perlindungan terhadap karya budaya lokal dari kepunahan dan klaim budaya dari negara lain.

“Tahun yang akan datang, jumlah karya budaya yang ditetapkan bisa lebih banyak lagi,” kata Jamaluddin.(***)

Shares: