Melihat Kota Takengon dari Puncak Pantan Terong

BANDA ACEH (popularitas.com) – Berbicara objek wisata di Aceh seolah tak ada habisnya. Selain memiliki lokasi wisata pantai, provinsi paling barat Indonesia ini juga memiliki objek wisata pegunungan.

Seperti halnya di dataran tinggi Gayo. Di daerah penghasil biji kopi ini, terdapat puluhan objek wisata. Salah satunya Pantan Terong yang berada di Desa Ulu Nuih, Kecamatan Bebesan, Kabupaten Aceh Tengah.

Lokasi ini berada pada ketinggian kurang lebih 1.350 meter di atas permukaan laut. Dari puncak Pantan Terong, wisatawan bisa melihat keindahan Danau Lut Tawar dan Kota Takengon yang diapit gugusan pegunungan.

Beberapa waktu lalu, popularitas.com berkesempatan mengunjungi objek wisata itu. Untuk mencapai lokasi, dari jalan Bireuen-Takengon, wisatawan bisa mengikuti petunjuk arah yang ada.

Dari Kota Takengon, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 7 Km atau memakan waktu kurang lebih 15 menit.

Bagi orang tua yang membawa anaknya, jangan khawatir perut keroncongan. Di lokasi itu sejumlah pedagang bakso, es krim, kopi dan makanan ringan lainnya berjejer di luar gerbang masuk.

Untuk memasuki lokasi objek wisata itu, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk Rp5 ribu per orang.

Selain view menarik untuk berfoto ria, di lokasi itu juga terdapat warung yang menyediakan kopi dan makanan ringan lainnya. Menikmati kopi sambil melihat pemandangan alam indah tentu menghadirkan sensasi sendiri bagi pengunjung.

Wildan El-Fadhil, wisatawan dari Banda Aceh mengakui hal itu. Bersama teman-teman komunitas di ibu kota Provinsi Aceh, ia sengaja memilih Aceh Tengah sebagai tujuan wisata karena memiliki alam yang indah.

“Takengon adalah lokasi yang sangat strategis untuk dilalui karena tidak jauh, suasana pun tidak kalah juga dengan objek wisata lainnya di Sumatera Utara,” kata Wildan.

Sementara pengunjung lainnya, Avicenna Al-Maududdy, mengaku terkesan pada Pantan Terong karena menghadirkan pemandangan yang memukau dengan akses yang tidak terlalu sulit.

“Mungkin kalau di daerah lain untuk melihat pemandangan seindah ini, kita harus mendaki dulu. Sedangkan Pantan Terong ini aksesnya cukup mudah, bisa dilalui mobil,” jelasnya.*(C-008)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat