News

Massa Minta Jokowi Turun Tangan Selamatkan Ulama

BANDA ACEH (popularitas.com) – Massa Gerakan Ummat Bela Ulama mendesak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk turun tangan menyelamatkan ulama di negeri ini. Mereka juga menilai ada upaya mendiskriminalisasi ulama dari kelompok tertentu saat ini.

“Presiden Joko Widodo harus turun tangan untuk menghentikan upaya-upaya kelompok tertentu yang menyerang ulama dan ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Abu Syuja, juru bicara Gerakan Ummat Bela Ulama kepada jurnalis di halaman depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat, 23 Agustus 2019.

Pihaknya pun mendesak, Polri untuk bertindak profesional dan tidak menerapkan standar ganda dalam menangani laporan-laporan terhadap Ustadz Abdul Somad.

Seperti diketahui, Ustadz Abdul Somad dilaporkan ke Markas Kepolisian Resor Sikka di Nusa Tenggara Timur (NTT) oleh Forum Komunikasi Alumni (Forkoma) PMKRI dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Maumere, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Pelapor menilai Ustadz Abdul Somad menistakan lambang agama Nasrani. Tudingan ini didasari video ceramah UAS yang direkam tiga tahun lalu di Masjid An-Nur Pekanbaru, Riau.

Namun, salah satu orator aksi Gerakan Ummat Bela Ulama di Aceh, dari Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Zubir mengatakan ceramah yang disampaikan Ustaz Abdul Somad itu tidak mengandung unsur pidana. Sebab, dia berceramah itu dalam kapasitas sebagai ulama yang memberikan tausiah kepada umatnya, dan hal itu pun dilakukan bukan di tempat umum melainkan di dalam rumah ibadah umat Islam.

“Kami sudah lihat dari kacamata hukum itu tidak ada delik pidananya,” tegasnya. (ASM)

Shares: