HeadlineNews

Masjid di Pidie Jaya Rusak Akibat Gempa Sudah Dibangun Kembali

Masjid di Pidie Jaya Rusak Akibat Gempa Sudah Dibangun Kembali
Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi saat mendampingi penyerahan bantuan dari Yayasan Taman Iskandar (TIM) Jakarta ke Masjid Baitul Mukarram di Gampong Geunteng, Kecamatan Meurah Dua, Rabu (20/1/2021).

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, memastikan hampir sepenuhnya membangun kembali seluruh Masjid di daerah setempat yang rusak akibat gempa.

Pembangunan serta rehabilitasi kembali rumah ibadah yang rusak akibat bencana alam gempa Pidie Jaya dilakukan oleh pemerintah sekitar 32 masjid, baik yang roboh total maupun rusak berat.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi saat mendampingi penyerahan bantuan dari Yayasan Taman Iskandar (TIM) Jakarta ke Masjid Baitul Mukarram di Gampong Geunteng, Kecamatan Meurah Dua, Rabu (20/1/2021).

BACA JUGA:

Kucurkan Rp 8,6 Miliar, Pidie Jaya Bangun 11 Masjid Rusak Akibat Gempa

Pemerintah Pidie Jaya Tender Pembangunan 711 Rumah Rusak Gempa Tahap III

“Alhamdulilah, hampir semua Masjid baik yang rusak akibat gempa, baik yang roboh total maupun yang perlu direbat berat sudah kita bangun kembali,” kata Wakil Bupati Said Mulyadi.

Diakuinya, rehabilitasi serta pembangunan kembali masjid yang rusak akibat gempa itu, selain dilakukan bersumber dari pihak ketiga, serta juga bersumber dari APBK Pidie Jaya, mulai tahun 2018.

Masjid-masjid di beberapa Kecamatan di Kabupaten Pidie Jaya tersebut, dalam tahap pembangunannya dilakukan secara bertahap, selain terdapat anggara untuk bangun baru, juga ada katagori rehan berat, dengan target minimal terlebih dahulu rumah ibadah tersebut bisa difungsikan.

“Masjid yang rusak akibat gempa, sekarang sudah semua selesai, minimal fungsional, sehinggga masyarakat dapat menjalan ibadahnya,” kata Waled, sapaan akrab, Wabu Pidie Jaya.

Namun, terhadap beberapa masjid yang baru dianggarkan dana untuk sebatas fungsional, lanjutan pembangunanya akan kembali dilanjutkan dalam tahun 2021-2022.

Bahkan, tahun 2021 sendiri, Pemerintah Pidie Jaya juga telah menganggarkan sejumlah dana untuk penanganan Masjid yang rusak akibat gempa itu.

Dari 32 masjid tersebut, satu msjid yang dibangun Badan Nasiona Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat berupa Masjid Attaqarub Trienggadeng, yang kini sudah menjadi ikon di Kabupaten Pidie Jaya.

Di tahun 2020 lalu, melalui dana Otsus Pemerintah Pidie Jaya membangun 11 Masjid yang rusak akibat gempa, setelah tahun-tahun sebelumnya juga melakukan pembangunan kembali rumah ibadah tersebut.[]

Editor: Acal

Shares: