Marsekal Hadi Jadi Panglima, Isu Kedaulatan Udara Harus Difokuskan

POPULARITAS.COM – Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq mengapresiasi dilantiknya Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru, menggantikan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Dia mendorong agar parpol dan gerakan masyarakat sipil kembali mendorong proses profesionalisme di dalam tubuh TNI.

“Kita patut bangga dan memberi apresiasi kepada TNI-AU karena salah satu kadernya telah dipercaya untuk memimpin organisasi militer Indonesia. Partai politik dan gerakan masyarakat sipil harus kembali mendorong proses profesionalisme didalam tubuh TNI. Agar ke depan TNI dan alutsista pertahan kita bisa bersaing dengan negara-negara maju di kawasan Asia,” katanya, Selasa (12/12/2017).

Pihaknya mendukung keputusan Presiden Jokowi mengangkat Panglima dari matra Angkatan Udara. Sebab ancaman dari luar bukan saja ancaman dalam bentuk fisik dan militeristik.

Dia juga menyatakan Indonesia adalah negara maritim. Karenanya, isu kedalatan ruang udara di atas laut dan darat harus mulai difokuskan.

“Penyadapan informasi dan pemotretan wilayah dari udara juga patut diwaspadai. Dengan wilayah laut dan udara yang besar, Indonesia sebagai negara maritim mulai fokus pada isu kedaulatan ruang udara di atas permukaan laut dan darat,” katanya.

Menurutnya, dalam situasi politik terkini masih ada pejabat militer aktif yang turut menunggangi gerakan politik sipil. Paradigma ini harus dihilangkan karena jika militer selalu sibuk dengan agenda politik praktis, maka konsep menjaga NKRI dari ancaman luar akan luput dari konsentrasi prioritas militer. [acl]

Sumber : merdeka.com

-ads-

-ads-

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.