News

Marketplace blibli hadirkan kebutuhan belanja bulanan

KET : ilustrasi belanja di supermarket. FOTO : Pexels.com

POPULARITAS.COM – Perencanaan keuangan merupakan aspek penting yang mesti diketahui oleh seorang ibu rumah tangga. Kebutuhan belanja bulanan adalah pengeluaran wajib yang membutuhkan rencana matang. Cara berbelanja yang tepat, dapat memangkas biaya tambahan saat berbelanja kebutuhan bulanan adalah, salah satunya adalah biaya transportasi. Hal tersebut dapat menghemat pengeluaran.

Namun, untuk lebih menghemat pengeluaran, belanja bulanan juga menuntut perencanaan yang matang. Salah satu langkahnya adalah dengan membuat daftar belanja untuk mengcover seluruh kebutuhan bulanan tanpa terlewat.

Setiap Ibu rumah tangga, untuk memenuhi kebutuhan belanja bulanan, kerap memanfaatkan gerai konvensional, seperti toko kelontong, pasar tradisional, swalayan, hingga minimarket. Namun, jika Anda gemar berbelanja secara online, anda bisa mempertimbangkan untuk mengunjungi e-commerce terpercaya, seperti Blibli.

Dalam berbelaja kebutuhan bulanan, seseorang tentu harus memiliki catatan kebutuhan terkait dengan bahan pokok apa yang wajib dan harus dibeli untuk kebutuhan. Dengan memiliki listing belanja, maka hal tersebut akan membuat anda dapat lebih teliti, dan tidak melewatkan satu hal pun saat berbelanja. Dan berikut, daftar sepuluh belanja bulanan wajib untuk kebutuhan rumah tangga;

1.    Sembako 

Daftar belanja bulanan yang paling utama dan penting untuk diperhatikan adalah sembako. Sembako terdiri dari bahan makanan dan masakan paling pokok, yakni beras, mie instan, telur, minyak, serta pelengkap, seperti bumbu dapur.

Untuk lebih menghemat pengeluaran, Anda bisa mencoba berbelanja kebutuhan sembako Anda di pasar tradisional yang terkenal dengan harga barang yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan supermarket atau swalayan.

2.    Bahan Makanan

Bahan makanan, baik yang mentah, seperti sayur, buah, dan daging, maupun semi matang, seperti makanan olahan atau makanan beku menjadi salah satu kebutuhan yang juga harus masuk dalam daftar belanja kebutuhan sehari-hari.

Yang perlu diperhatikan adalah karena bahan makanan ini mudah busuk dan layu, Anda harus memastikan bahwa Anda membeli bahan makanan yang bisa Anda habiskan hingga waktu belanja berikutnya tiba.

3.    Kebutuhan Kamar Mandi

Perlengkapan untuk memenuhi kebutuhan atas kebersihan tubuh juga penting untuk dibeli setiap bulannya. Perlengkapan ini meliputi, sikat dan pasta gigi, sampo, sabun, dan berbagai perlengkapan mandi tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anggota keluarga.

4.    Perlengkapan Kebersihan Rumah

Selain menjaga kebersihan tubuh, memastikan rumah selalu berada dalam kondisi bersih juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Perlengkapan kebersihan rumah yang dibutuhkan setiap bulannya meliputi, deterjen, pewangi atau pelembut pakaian, sabun pencuci piring, hingga tisu. 

Untuk lebih menghemat biaya belanja bulanan, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli produk yang berukuran besar yang biasanya digunakan untuk mengisi ulang kemasan produk sebelumnya yang sudah kosong.

5.    Obat-obatan

Kebutuhan obat-obatan juga tidak boleh dilupakan demi memastikan kondisi kesehatan anggota keluarga selalu prima. Pastikan kotak P3K Anda selalu terisi dengan obat-obatan wajib, seperti obat pereda nyeri, penurun demam, alergi, anti diare, sakit perut, krim kulit, obat batuk, hingga gel lidah buaya untuk pertolongan pertama pada luka bakar ringan.

6.    Kebutuhan Kecantikan

Kebutuhan seorang istri atau ibu tidak boleh dikecualikan dari daftar ini sebab kebutuhan ini tidak bisa dipisahkan dengan kodrat seorang wanita untuk berdandan. 

Namun, agar tidak bertabrakan dengan kebutuhan lain yang lebih penting, Anda perlu mempertimbangkan untuk mengalokasikan dana pada kebutuhan kecantikan paling dasar, seperti sabun cuci muka, pelembab, hingga tabir surya.

7.    Biaya Transport

Kebutuhan akan transportasi, baik umum maupun pribadi pun tidak mungkin dikeluarkan dari daftar belanja kebutuhan sehari-hari mengingat kecil kemungkinannya bagi anggota keluarga untuk selalu melakukan aktivitas dan memenuhi kebutuhannya tanpa perlu meninggalkan rumah. 

8.    Tagihan Listrik

Manusia telah lama hidup dan menjalankan aktivitas sehari-hari dengan mengandalkan bantuan dari berbagai perlengkapan elektronik. Tentu, untuk menjalankan perlengkapan elektronik tersebut diperlukan adanya aliran listrik yang harus dibayar tagihannya setiap bulan.

9.    Tagihan Air

Sama dengan tagihan listrik, kebutuhan air juga menjadi kebutuhan mutlak dari setiap rumah tangga mengingat sumber air bersih tidak bisa lagi ditemui dengan mudah dan gratis seperti dahulu  kala.

10. Tagihan Internet

Meskipun jauh dari kategori kebutuhan primer, nyatanya kebutuhan akan internet adalah sesuatu yang mutlak di zaman serba digital ini. Hal ini wajar mengingat internet menawarkan banyak kemudahan untuk memenuhi kebutuhan Anda akan komunikasi, informasi, hingga hiburan.

Sebagai salah satu marketplace terpercaya di Indonesia, Blibli juga memiliki akses terhadap supermarket yang menyediakan berbagai kebutuhan belanja bulanan, yakni Farmers Market. Anda tinggal memilih produk dari katalog promosi Farmers Market yang lokasinya paling dekat dengan tempat tinggal Anda. 

Shares: