News

Maraknya Tambang Ilegal di Aceh, Polisi Mulai Bidik Pelaku

Ilustrasi. Ilustrasi, Excavator yang diduga dipergunakan untuk aktivitas tambang emas. (ist)

POPULARITAS.com – Tambang emas liar dan ilegal semakin marak  beroperasi di sejumlah Kabupaen di Provinsi Aceh. diantaraanya di Aceh Barat, Aceh Barat Daya (Abdiya), dan Pidie.yang semakkin meresahkan warga.

Seperti yang terjadi di Aceh Barat, hampir semua kecamatan terdapat tambang illegal di Kecamatan Sungai Mas, Kecamatan Panton Reue, serta Kecamatan Pante Ceureumen.

Saat ini, aktivitas tambang emas liar tersebut sudah semakin meresahkan. Bahkan Bupati Aceh Barat Ramli MS meminta kepada pihak Kepolisian agar segera turun tangan menghentikan aktivitas tambang liar di wilayahnya.

Pada 25 Jaunuari 2021 Personel Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Aceh menangkap dan mengamankan seorang pelaku dalam pengungkapan penambangan emas ilegal di Geumpang, Kabupaten Pidie. pelaku berinisial M (41), warga Tangse, Kabupaten Pidie.

Pelaku ditangkap di lokasi penambangan emas ilegal. Sementara, lokasi penambangan emas ilegal itu berada di wilayah aliran sungai Gampong Keune, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie,

Tak hanya di Aceh Barat dan Pidie Saja, Dugaan pekerjaan tambang ilegal juga tterdapat Krueng Sikuleh, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, Polres setempat sudah menurunkan tim untuk melakukan penelusuran.

Kapolres Aceh Jaya, AKBP Harlan Amir, mengatakan pihaknya sudah menindaklanjuti terkait tambang itu dan mengirimkan tim, guna menelusuri kebenarannya.

Harlan mengaku sebelumnya juga sudah pernah menerima informasi tersebut, namun ia masih menelusuri lokasinya masuk ke kabupaten mana. “Apakah di Pidie atau Aceh Jaya,” katanya.

Kata dia, apabila setelah ditelusuri terbukti berada di wilayah Kabupaten Aceh Jaya, maka akan ditertibkan sesuai undang-undang berlaku. Ia juga menyebutkan lokasi pengerjaan tambang ilegal tersebut sangat jauh dari permukiman warga.***

Shares: