NewsTeknologi

Manfaat penting dashcam pada mobil anda

Kesadaran menggunakan perangkat tambahan seperti dashcam di Indonesia masih tergolong kurang dibandingkan dengan negara-negara lain. Padahal perangkat ini sangat berguna untuk mencegah terjadi kehilangan atau terjadinya sebuah kecelakaan pada sebuah kendaraan.
Manfaat penting dashcam pada mobil anda
Dashcamp Blackvue terbaru (ANTARA/Chairul Rohman)

POPULARITAS.COM – Kesadaran menggunakan perangkat tambahan seperti dashcam di Indonesia masih tergolong kurang dibandingkan dengan negara-negara lain. Padahal perangkat ini sangat berguna untuk mencegah terjadi kehilangan atau terjadinya sebuah kecelakaan pada sebuah kendaraan.

Direktur Pemasaran Dashcam Blackvue Rudy Ham dalam pameran IIMS Hybrid 2022 di Jakarta pada Selasa mengatakan penggunaan alat tambahan keamanan ini masih terbilang sebagai tren atau kalangan penghobi dan belum menyeluruh ke pemilik kendaraan di Indonesia.

“Mungkin kalau di sini (Indonesia) kan dashcam ini belum begitu menjadi suatu keharusan menurut pemilik kendaraan. Mungkin, di jalan juga kita masih banyak menganut sistem kekeluargaan jika terjadi kecelakaan,” kata Rudy Ham, dilansir dari laman Antara.

Meski belum banyak kesadaran dari para pemilik kendaraan, dia terus mengedukasi masyarakat pentingnya menggunakan dashcam pada sebuah kendaraan yang dimilikinya.

“Kita analogikan alat ini sebagai cctv yang ada di rumah, mereka akan mendapat nilai guna ketika mereka menemukan kejadian dan mereka bisa dapat manfaat dari itu sebagai bukti dan fakta kejadian apalagi di jalan raya kan,” kata dia.

Dia juga menggandeng berbagai komunitas untuk mengedukasi masalah ini, agar lebih banyak pengguna kendaraan roda empat menggunakan perangkat dashcam di kendaraannya sebagai alat bukti dan juga sebagai keamanan ketika terjadi kehilangan.

“Kita juga support ke komunitas dashcam Indonesia, mereka lebih mengerti dan sadar tentang penggunaan dashcam pada kendaraan,” jelas dia.

Produk terbaru

Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, Blackvue resmi menghadirkan sebuah produk terbarunya yang memiliki fungsi Kecerdasan Buatan. Dashcam ini diklaim mampu untuk memantau pengemudi dan memberikan peringatan Ketika pengemudi mengantuk atau tidak fokus.

Teknologi ini sangat penting karena biasanya dashcam hanya digunakan sebagai alat bukti jika terjadi suatu kejadian, tapi dengan teknologi DMS (driver monitoring system), maka kejadian itu bisa dicegah sebelum terjadi.

Dashcam terbaru ini hadir pada seri DR750X-3CH DMS Plus untuk mengatasi permasalahan kecelakaan di jalanan. Selain fungsi untuk memberikan peringatan Ketika pengemudi ngantuk dan tidak fokus, Blackvue juga memiliki fitur-fitur lain seperti memberi peringatan Ketika terjadi overspeeding, membelok tajam, rem mendadak dan akselerasi tiba-tiba.

“Dengan teknologi terbaru ini, diharapkan pengguna Blackvue bukan hanya mendapatkan bukti jika terjadi kejadian, namun juga bisa dilakukan pencegahan dan selalu selamat di perjalanan,” ucap dia.

Sebagai informasi tambahan, DR750X-3CH DMS Plus adalah dashcam tiga channel dengan konektivitas cloud, kedua kamera depan dan belakang menggunakan lensa Sony Starvis untuk menghasilkan kualitas gambar terbaik di kondisi cahaya apapun, baik terang maupun gelap.

Kamera monitor-pengemudi merekam dan mendeteksi tanda-tanda mengantuk atau tidak konsentrasi dalam mengemudi dan mengingatkan anda saat itu juga, dilengkapi dengan sinar infra merah LED untuk pemantauan siang dan malam.

Dashcam tersembunyi ini juga dilengkapi dengan built in GPS untuk merekam kecepatan mobil dan menyimpan lokasi mobil, Wi-Fi dan parking mode bawaan melalui pemasangan kabel yang sudah disertakan. Dukungan cloud via Wi-Fi hotspot atau optional modul USB plug-in LTE.

“Blackvue akan selalu terus berinovasi, dan dengan teknologi AI (Artificial Inteligence), kami selalu akan memberikan fitur-fitur safety yang terbaik, untuk menjamin keselamatan pengguna Blackvue yang tersebar di seluruh dunia,” tegas dia.

Untuk tipe terbaru ini, Blackvue menghadirkan fitur terbaru yaitu Seamless Pairing, dimana smartphone anda bisa terkoneksi ke dashcam Blackvue dengan sangat mudah dan menyenangkan. Ikut petunjuk singkat pada layer smartphone Anda, dan anda akan segera terhubung ke Blackvue dashcam tanpa ribet dan tidak memerlukan pengetahuan teknis.

Blackvue juga menghadirkan fitur baru yang sangat penting yaitu native parking mode, dimana kini tipe-tipe terbaru dari Blackvue sudah dilengkapi dengan fungsi parkir yang telah terintegrasi dengan unit Blackvue.

Jadi, pemilik tinggal menghubungkan kabel bawaan dengan mobil Anda, kemudian Anda bisa memantau mobil ketika mobil anda ditinggal di tempat parkir maupun di pinggir jalan,” jelas dia.

Dengan penambahan Modul Modem CM100-LTE ataupun melalui hotspot, Blackvue DR750X-3CH DMS Plus bisa terkoneksi dengan cloud dan bisa diakses dari manapun anda berada dan melihat secara live ke dalam mobil Anda.

Shares: