News

Malaysia, Thailand hingga Singapura rayakan Iduladha 10 Juli

Malaysia, Thailand hingga Singapura rayakan Iduladha 10 Juli
Seorang pekerja memasang sejumlah lampion ketupat di halaman posko Pemadam Kebakaran (Damkar) Panca Bhakti di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (21/4/2022). FOTO: Antara/Jessica Helena Wuysang

POPULARITAS.COM – Umat Islam di beberapa negara ASEAN akan merayakan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriyah secara serempak. Negara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, hingga Singapura akan merayakan Hari Raya ini pada 10 Juli 2022.

Negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia, seperti dijelaskan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid mengatakan, 1 Dzulhijah 1443 Hijriyah jatuh pada 1 Juli, maka Hari Raya Iduladha akan dirayakan pada 10 Juli. Seperti diketahui, Muslim membentuk hampir 90 persen dari 270 juta penduduk Indonesia.

Sementara, Mufti Singapura Nazirudin Mohd Nasir mengatakan, berdasarkan perhitungan astronomi, hilal tidak mungkin terlihat di atas cakrawala Singapura saat matahari terbenam pada Rabu kemarin.

“Ini menandakan bahwa Kamis akan menjadi akhir dari 30 hari Zulkaedah,” katanya dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di situs web Dewan Agama Islam Singapura (MUIS) dilansir dari Republika, Senin (4/7/2022).

Oleh karena itu, ia mengatakan hari pertama bulan Dzulhijjah 1443 hijriah di Singapura jatuh pada hari Jumat, 1 Juli 2022 dan Hari Raya Iduladha jatuh pada hari Ahad 10 Juli 2022.

“Semoga semua amal baik kita di bulan suci Zulhijjah ini diterima dan semoga Iduladha diberkati, dengan pemahaman tentang apa arti pengorbanan yang sebenarnya,” katanya.

Sementara di Bangkok, Sheikhul Islam Thailand Aziz Phitakkumpon juga mengumumkan bahwa Hari Raya Iduladha akan jatuh pada 10 Juli.

“Semua Muslim di Thailand telah diminta untuk menjalankan kewajiban agama mereka pada hari itu,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Adapun Muslim di Malaysia juga akan merayakan Iduladha pada 10 Juli, menurut asisten sekretaris Konferensi Penguasa Mohd Aseral Jusman.

“Sesuai dengan perintah Yang di-Pertuan Agong, atas persetujuan Penguasa, atas nama Penjaga Segel Penguasa, dengan ini saya nyatakan bahwa 1 Dzulhijjah 1443 Hijriyah jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022,” katanya.

“Dengan demikian, Idul Adha untuk negara bagian di Malaysia adalah pada Ahad, 10 Juli 2022,” tambahnya.

Shares: