News

Malaysia Ciptakan Kondom Unisex Pertama di Dunia

Malaysia Ciptakan Kondom Unisex Pertama di Dunia. (Foto: reuters)

POPULARITAS.COM – Ginekolog Malaysia telah menciptakan kondom unisex pertama di dunia. Sesuai dengan namanya, kondom ini dapat digunakan oleh wanita atau pria.

Lucunya kondom ini terbuat dari bahan medis yang biasanya digunakan sebagai pembalut untuk luka dan luka.

Sang penemu yang bernama John Tang Ing Chinh berharap Kondom Wondaleaf Unisex bisa membuat masyarakat lebih sadar akan pentingnya mengontrol kesehatan seksual. Terlepas dari apa jenis kelamin atau orientasi seksual yang mereka miliki.

“Ini pada dasarnya adalah kondom biasa dengan penutup perekat. Ini adalah kondom dengan penutup perekat yang menempel pada vagina atau penis, serta menutupi area yang berdekatan untuk perlindungan ekstra,” kata John sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (29/10/2021).

Lebih lanjut, sistem perekat hanya dioleskan pada satu sisi kondom. Artinya kondom ini bisa dibalik dan digunakan oleh kedua jenis kelamin. Pendiri dan penemu Wondaleaf Unisex Condom John Tang Ing Ching telah memeriksa kondom unisex di pabriknya di Sibu, Malaysia 19 Oktober 2021.

Setiap kotak Wondaleaf berisikan dua buah kondom, dengan harga 14,99 ringgit atau sekira Rp 51 ribu. Sementara harga rata-rata untuk selusin kondom biasa di Malaysia adalah 20-40 ringgit, atau sekira Rp68 – Rp136 ribu.

Tang membuat kondom menggunakan poliuretan, bahan yang digunakan dalam pembalut luka transparan yang tipis dan fleksibel namun kuat dan tahan air.

“Begitu Anda memakainya, Anda sering tidak menyadari bahwa sedang memakai kondom,” tambahnya.

Tang mengatakan Wondaleaf telah melakukan beberapa penelitian dan pengujian klinis dan akan tersedia secara komersial melalui situs web perusahaan Desember ini.

“Berdasarkan jumlah uji klinis yang telah kami lakukan, saya cukup optimis bahwa waktu yang diberikan akan menjadi tambahan yang berarti bagi banyak metode kontrasepsi yang digunakan dalam pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan dan penyakit menular seksual,” tuntasnya.

Sumber: Okezone

Shares: