News

Mahasiswi di Aceh Utara Jadi Korban Penipuan Lewat SMS Berhadiah

Ilustrasi.

ACEH UTARA (popularitas.com) – Seorang mahasiswi di Aceh Utara tertipu lewat SMS berhadiah. Ia mengalami kerugian mencapai Rp3 juta saat bertransaksi dengan pelaku.

Kasat Reskrim Polres Aceh Utara AKP Adhitya Pratama mengatakan, kasus penipuan sms berhadiah dan pembelian barang murah seperti Hp via online memang marak terjadi. Dan korbannya bukan hanya dari Aceh Utara saja.

“Jadi para korban ini, ketika menerima SMS yang berisi hadiah dan meminta uang kepada meraka langsung mengirimnya, tanpa memastikan dulu pengirim SMS tersebut,” kata AKP Adhitya melalui keterangannya, Senin, 30 September 2019.

Bukan hanya itu, kasus penipuan pembelian barang murah seperti Hp via online juga marak terjadi. Kali ini, korbannya berasal dari Aceh Utara. Pemilik Hp di Lhoksukon tertipu hingga Rp 50 juta, saat ingin membeli handphone dengan harga murah via online.

Kata Adhitya, ada sekitar 10 kasus penipuan via online yang sekarang ditangani pihaknya. “Kasusnya beragam, antara lain jual beli barang murah seperti handphone, kemudian ada juga yang membeli mobil murah, kemudian terima pesan singkat berisi hadiah dan juga ada juga investasi bodong.” Ujarnya.

Jika dikelompok kasus penipuan tersebut, terbagi tiga. Pertama kasus pembelian barang murah berhadiah atau bersdiskon (potongan harga), kemudian sms berhadiah dan investasi.

“Salah satu kasus dengan kerugian terbesar yang mencapai Rp 50 juta rupiah dilaporkan seorang pemilik ponsel di Lhoksukon,” ujar Adhitya.

Pihaknya, juga masih kesulitan untuk menangkap pelaku. Sebab, ketika di cek nomor pemilik rekening, rata-rata berdomisili di Luar Aceh seperti di Pekanbaru, Palembang dan Sulawesi.

“Ketika kita cek nomor pemilik rekening tersebut semua berada di luar Aceh, ada yang di Pekan Baru, Palembang dan Sulawesi,” kata Kasat Reskrim. Meski demikian, penyidik akan terus berupaya agar semua kasus yang dilaporkan tersebut dapat segera diungkap. [DRA]

 

Shares: