Mahasiswa Demo DPRA: Kritik Plt Gubernur Hingga Lemahnya Pengawasan Dewan

POPULARITAS.COM – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) menggelar aksi demontrasi di halaman gedung DPR Aceh, Selasa (8/9/2020).

Aksi ini merupakan bentuk protes mahasiswa terhadap kebijakan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan lemahnya pengawasan lembaga DPR Aceh.

“DPR Aceh jangan tidur, jika anggota DPR Aceh tidur, maka Plt Gubernur Aceh bisa seenaknya terhadap rakyat Aceh,” kata salah seorang pendemo dalam orasinya.

Selain berorasi, para mahasiswa juga ikut membentangkan spanduk berisi tuntutan dan protes terhadap DPR Aceh dan Plt Gubernur Aceh. Mereka umumnya memprotes kinerja DPRA yang dinilai lemah.

Presiden Mahasiswa UIN Ar Raniry, Reza Hendra Putra dalam orasinya menyebutkan, Aceh saat ini dihadapkan dengan permasalahan yang besar, terutama soal kepemimpinan yang tak pro terhadap rakyat.

“Ini problem sangat besar, tetapi dewan kita tidur, padahal Plt Gubernur Aceh kita melakukan kebohohan terhadap rakyat,” ujar Reza.

Dalam kesempatan itu, mahasiswa juga meminta tuntutan mereka untuk direalisaikan. Tuntutan tersebut salah satunya adalah soal transparansi dana penanganan Covid-19.

“Recofusing yang terjadi tidak jelas, APBA sangat banyak, padahal masih banyak masyarakat kita hidup di tengah kemiskinan,” jelas Reza.

Seperti diketahui, pada pekan lalu atau Selasa (1/9/2020), para mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Aceh juga melakukan aksi demo di Kantor Gubernur Aceh.

Dalam aksi itu, para mahasiswa juga menuntut transparansi Pemerintah Aceh terhadap penganggaran serta penanganan  Covid-19.

Editor: dani

Reporter: Muhammad Fadhil

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat