News

Mahasiswa Demo Distanbun Aceh, Minta Kepala Dinasnya Dicopot

Mahasiswa menggelar demo di kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, terkait kasus penahanan Munirwan, Jumat 26 Juli 2019. | FOTO: Al Asmunda

BANDA ACEH (popularitas.com) : Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pemerintah Mahasiswa Universitas Abulyatama Aceh (Pema Unaya) dan dari kampus lainnya di Aceh, menggelar demo di Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh, Jalan TP Nyak Makam, Banda Aceh. Jumat 26 Juli 2019.

Pantauan popularitas.com dilokasi, puluhan mahasiswa tersebut tiba sekira pukul 15.30 WIB. Mereka membawa berbagai macam spanduk kecaman terhadap Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, A. Hanan yang dinilai telah mengkriminalisasi seorang Keuchik (kepala desa) Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, Aceh Utara atas nama Munirwan.

BACA: Polda Aceh: Yang Kami Tangkap Itu Direktur PT Bumides Nisami Indonesia

Massa menuntut Kadistanbun Aceh, A. Hanan segera mencabut laporannya terhadap Munirwan yang menyebabkan Keuchik berprestasi di Aceh Utara itu dijadikan tersangka oleh polisi.

“Hari ini, orang yang mampu berinovasi jangan ditangkap,” ujar salahsatu orator akasi.

Mahasiswa menilai Munirwan tidak layak dikriminalisasi. Sebab apa yang dilakukan dirinya sebagai petani, telah mampu mengembangkan benih sehingga menguntungkan banyak pihak, terutama petani di Aceh.

Koordinator Aksi, Rahmatun Phounna mengatakan, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah harus mencopot kepala dinas tersebut.

“Pak Nova harus mencopot itu Kadis. Masa orang (Keuchik Munirwan) yang berprestasi, malah dipenjarakan,” katanya.

Aksi mahasiswa ini mendapat tanggapan dari Kadistanbun Aceh, A. Hanan yang didampingi Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dir Reskrimsus) Polda Aceh, Kombes Pol T. Saladin, dan juru bicara pemerintah Aceh, Saifullah Abdul Gani (SAG). Dia menyambangi mahasiswa sekira pukul 17.00 WIB.

A. Hanan lantas mengajak mahasiswa masuk ke dalam salah satu ruangan di Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, untuk menjelaskan duduk perkara yang ingin diketahui mahasiswa.

“Saya berharap adik-adik tertib,” ujarnya. (ASM)

Shares: