News

Ma’had Aly Darul Munawarah Kuta Krueng akan gelar wisuda perdana

Ma'had Aly Pondok Pesantren (Ponpes) Dayah Darul Munawarah Ulee Gle, Pidie Jaya, akan melaksanakan wisuda perdana terhadap 103 mahasantri.
Mudir Ma'had Aly Darul Munawarah, Anwar Usman, saat bersilaturahmi dengan pengurus PWI Pidie Jaya, Kamis (20/1/2022). (Nurzahri/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) atau Ma’had Aly Pondok Pesantren (Ponpes) Dayah Darul Munawarah Ulee Glee, Pidie Jaya, akan melaksanakan wisuda perdana terhadap 103 mahasantri.

Rencana wisuda mahasantri pondok pesantren milik Ulama Kharismatik Aceh, Usman Ali atau ghalib dikenal sebagai Abu Kuta Krueng itu akan dilaksanakan di kompleks Dayah Darul Munawarah, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, pada Sabtu (22/1/2022).

Mudir Ma’had Aly, Anwar Usman Kuta Krueng mengatakan, mahasantri yang akan diwisuda itu merupakan santri-santri yang sudah menuntaskan berbagai jenjang pendidikan ilmu agama yang setara dengan pendidikan formal.

“Dalam wisuda Mahasantri Ma’had Aly Dayah Darul Munawarah akan dihadiri oleh Wakil Menteri Agama,” kata Anwar Usman, kepada sejumlah wartawan saat silaturahmi dan temu ramah dengan Pengurus PWI Pidie Jaya, Kamis (20/1/2022).

Pria yang juga Rais ‘am Ponpes Dayah Darul Munawarah itu menjelaskan, ke 103 alumnus Ma’had Aly merupakan mahasantri pertama yang sudah memperdalam ilmu agama pada jurusan Tafsir.

Abiya Kuta Krueng menjelaskan, pendirian Ma’had Aly di dalam Pondok Pesantren Darul Munawarah itu sendiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama tahun 2017 lalu.

Kendati setara dengan universitas pendidikan formal dengan jenjang pendidikan S1, namun dalam hal penggunaan kurikulum, Ma’had Aly Darul Munawarah tetap menggunakan kurikulum dayah.

“Dalam empat tahun sejak berdiri, lusa kira akan melakukan wisuda perdana,” ujarnya.

Shares: