News

Madrasah di Aceh Diinstruksikan Segera Terapkan New Normal

Kabag TU Kemenag Aceh, Saifuddin. (Foto: kemenagaceh)

BANDA ACEH (popularitas.com) -Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh akan kembali menerapkan belajar mengajar dengan tatap muka di madrasah, setelah berakhirnya masa belajar dari rumah pada 20 Juni 2020 atau pada pembelajaran tahun ajaran baru.

Rencananya kegiatan belajar mengajar tahun ajaran 2020/2021 akan dimulai 13 Juli 2020 sesuai kalender pendidikan.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Aceh, H Saifuddin mengatakan, semua madrasah di Aceh diintruksikan untuk menerapkan new normal, termasuk penerapan belajar mengajar di ruang kelas secara bertahap.

“Saat ini kita akan melakukan sosialisasi pelaksanaan belajar mengajar selama new normal ke orang tua murid dan guru,” ujar Saifuddin dalam keterangannya, Senin, 8 Juni 2020.

Ia menjelaskan, proses belajar mengajar di madrasah nantinya dilakukan dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan di masa Covid-19.

“Kita akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Aceh dan Tim Gugus Covid Provinsi Aceh mengenai pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di ruang kelas,” ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Bidang  Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Aceh, Zulkifli mengatakan, pihaknya menyusun beberapa skema penerapan belajar di ruang kelas untuk memastikan siswa dan guru terhindar dari wabah Covid-19.

Zulkifli menjelaskan, standar belajar dari ruang kelas yang telah disusun seperti, satu meja hanya diduduki satu siswa, belajar mengajar diterapkan dalam dua shift, pengurangan jam belajar, siswa dan guru wajib mengenakan masker, madrasah menyediakan hand sanitizer dan pengukur suhu, mengatur meja di ruang kelas dengan jarak 1-3 meter, menyediakan wastafel di depan ruang kelas dan pihak madrasah melakukan penyemprotan disinfektan usai kegiatan belajar mengajar.

Selain itu, kata Zulkifli, pihak madrasah wajib memastikan  siswa dalam keadaan sehat dengan melakukan pengukuran suhu tubuh, meminta siswa membawa makanan dari rumah, memastikan aktivitas siswa aman, memastikan siswa sampai ke rumah setelah jam belajar usai.

“Guru harus membawa peserta didik dalam kegiatan atau permainan yang menyenangkan  untuk mengembalikan suasana dan motivasi peserta didik. Pembelajaran selama new normal ini nantinya harus diselingi ice breaking agar tidak jenuh,” ujar Zulkifli. (dani/ril)

Shares: