News

Mabes Polri Akan Umumkan Keaslian Polisi Asep

Kisah Asep anggota Brimob BKO saat konflik Aceh dinyatakan hilang saat tsunami dan ditemukan di Rumah Sakit Jiwa
Sahabat dan Rekan Asep saat berkunjung ke RSJ Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Kepolisian Daerah (Polda) Aceh menyatakan bahwa keaslian Polisi Asep, personel Brimob yang hilang saat tsunami 2004, akan diumumkan oleh Mabes Polri jika hasil tes DNA sudah keluar.

“Karena menyangkut 2 polda, nanti Mabes Polri yang akan umumkan hasil DNA-nya,” kata Kepala Bidang Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy saat dikonfirmasi, Senin (28/3/2021).

Winardy juga menjelaskan, Polda Aceh hingga saat ini belum mengetahui apakah keluarga dari pihak diduga Polisi Asep sudah datang ke RSJ Aceh atau belum, untuk memastikan keaslihan tersebut.

“Belum ada info (apakah keluarga sudah ada yang datang atau belum),” jelasnya.

Sebelumnya, Bidang Dokkes Polda Aceh menyebutkan, pihaknya butuh waktu dua minggu untuk memastikan keaslian Polisi Asep, personel Brimob yang hilang saat tsunami 2004 di provinsi paling ujung barat Indonesia itu.

“Data-data primer, juga data-data sekunder dari pasien (polisi Asep) diperiksa sesuai prosedur DVI, selanjutnya sampel kita bawa ke pusat lab di Jakarta, hasilnya sekitar 2 mingguan bisa keluar,” ujar Kompol Dr. M. Affandi, SpKJ dari Bidang Dokkes Polda Aceh, Jumat (19/3/2021).

Baca: Keluarga Yakin Polisi Korban Tsunami Aceh yang Ditemukan di RSJ Itu Asep

Affandi menjelaskan, Polda Aceh dan RSJ Aceh telah melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap pasien di RSJ setempat pada Kamis (18/3/2021). Pemeriksaan juga melibatkan tim Inavis.

“Dari pemeriksaan fisik, hanya tanda-tanda sekunder yang diperiksa, jadi kita belum bisa (pastikan itu Asep), jadi kita harus ada tanda-tanda primernya berupa sidik jari dan tes DNA-nya,” ucap Affandi.

Editor: dani

Shares: