Luas Tanam Rendengan di Aceh Besar 27.992 Hektare

POPULARITAS.COM – Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar menyebutkan luas tanam pada musim rendengan 2020 seluas 27.992 hektare terdiri dari penanaman rendengan 25692 hektare dan Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) seluas 2.300 hektare.

“Kita sangat optimistis target penanaman musim rendengan ini akan tercapai termasuk dengan PATB,” kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar, Jakfar di Aceh Besar, Rabu (14/10/2020) dilansir Antara.

Ia menjelaskan untuk luas tanam di musim rendengan tersebut pihaknya menargetkan rata-rata produksi sebesar tujuh sampai delapan ton per hektare.

“Pemerintah Aceh Besar melalui Dinas pertanian terus meningkatkan pendampingan dalam rangka meningkatkan produksi hasil pertanian milik petani dan mendukung program ketahanan pangan nasional,” katanya.

Menurut dia, salah satu upaya yang dilakukan untuk peningkatan produksi yang nantinya berdampak terhadap kesejahteraan petani adalah memberikan penyuluhan dan pendampingan kepada petani oleh penyuluh pertanian.

“Penyuluhan dan pendampingi ini kita berikan agar para petani tahu, mau dan mampu melakukan usaha tani sesuai dengan anjuran sehingga dapat meningkatkan hasil produksi,” kata Jakfar.

Pihaknya optimistis dengan meningkatnya pemahaman petani terhadap pola tanam sebelum dan pascapanen akan mampu mencapai hasil produksi secara maksimal setiap musim tanam.[acl]

Comments
Loading...