News

Loket di Terminal Banda Aceh Masih Buka, Penumpang Turun 90 Persen

Tarif angkutan umum di Aceh melonjak
Ilustrasi, Terminal Lueng Bata Banda Aceh di tengah pandemi Covid-19. Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Loket angkutan umum antar kabupaten/kota dalam provinsi di Terminal Lueng Bata, Banda Aceh terpantau masih buka pada hari kedua larangan operasional, Jumat (7/5/2021).

Amatan popularitas.com, sejumlah mobil angkutan umum baik L-300 dan HiAce di terminal tersebut tampak masih melayani penumpang, namun terlihat sepi dari biasanya.

“Penumpang turun drastis, tinggal 10 persen lagi,” kata pegawai loket PT Monika Nusa Raja, Kak Mai saat ditemui popularitas.com, Jumat (7/5/2021).

Menurut Kak Mai, sepinya para penumpang disebabkan adanya informasi larangan operasional angkutan umum antar kabupaten/kota dalam Provinsi Aceh. Menurutnya, surat tentang kebijakan larangan itu sangat memukul para sopir di Tanah Rencong.

“Karena kami sudah terima tiket sampai tanggal 11, jadi mobil kami tetap berangkat, jika memang gagal berangkat kita kembalikan uang nanti,” ucapnya.

Hal yang sama diungkapkan PT Flamboyan Jaya. Pegawai loket tersebut, Ismayadi alias Tulang mengaku kecewa dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh.

“Kita disuruh tutup operasional, tetapi nggak dikasih solusi, mau makan apa kita,” tutur Tulang.

Tulang mengatakan, meski dilarang, angkutan umum di bawah perusahaan ia bekerja tetap melakukan perjalanan melayani penumpang antar kabupaten/kota hingga lebaran nanti.

Namun, katanya, bila dalam perjalanan nanti disuruh putar balik, maka akan diterima.

“Pokoknya jalan aja dulu. Disuruh balik ya balik, ngak sanggup kita rakyat kecil lawan pemerintah,” kata Tulang. “Tetapi dalam dua hari ini lancar-lancar saja di perjalanan,” pungkas dia.

Editor: dani

Shares: