News

Lokasi Seru Ngabuburit di Banda Aceh

Pantai Gampong Jawa. (Foto: IG @fredography.id)

POPULARITAS.COM – Ramadhan tahun ini berbeda dengan sebelumnya saat pandemi Covid-19 belum datang. Jika sebelum pandemi masyarakat bisa dengan sesukanya mengadakan kegiatan buka puasa di berbagai tempat, kini kegiatan tersebut harus menerapkan sejumlah protokol kesehatan.

Begitu pula dengan aktivitas ngabuburit, harus pilih-pilih tempat yang aman guna mencegah penularan virus.

Momen menjelang buka puasa sambil menikmati terbenamnya matahari yang diiringi dengan kumandang azan maghrib dapat Anda temui di sejumlah kawaan di Banda Aceh

Untuk mengetahui tempat mana saja yang dapat dinikmati sebagai lokasi ngabuburit dan berbuka puasa, ini rekomendasi dari popularitas.com:

  1. Pantai Gampong Jawa dan Ulee Lheue

Pantai Gampong Jawa dan Ulee Lheue sudah tidak asing lagi bagi warga Aceh. Saban sore lokasi ini selalu ramai dikunjungi warga.

Tak heran jika memasuki bulan suci ramadhan, kedua lokasi itu menjadi incaran warga untuk menunggu waktu berbuka puasa sembari melihat deburan ombak dan matahari tenggelam.

Pengunjung tak perlu khawatir, di sepanjang jalan banyak pedagang takjil yang menggelar lapak dagangannya.

Pantai Gampong Jawa, pengunjung juga bisa menunggu waktu berbuka puasa dengan melihat atraksi Tarik pukat oleh nelayan sekitar. Jika beruntung, anda bisa langsung membeli ikan hasil tangkapan nelayan langsung dilokasi.

  1. Blang Padang

Letaknya dipusat kota, Blang Padang sangat cocok dijadikan tempat bersantai dan jalan-jalan mengisi ngabuburit anda.

Menunggu berbuka puasa di Blang Padang tentu tidak akan membosankan, karena banyak kegiatan yang bisa diisi di sana.

Selain itu, anda juga tidak perlu khawatir terhadap jajanan berbuka. Banyak pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai aneka makan berbuka di sana.

Ngabuburit di Blang Padang juga tidak akan membuat anda ketinggalan shalat magrib, karena tempatnya pun sangat dekat dengan Mesjid Raya Baiturrahman.

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid terbesar dan termegah di Aceh ini menjadi primadona saat bulan Ramadan tiba. Selain jamaahnya membludak saat shalat tarawih tiba, masjid ini juga menjadi pusat menunggu waktu berbuka.

Banda Aceh Tata Kembali Pariwisata Memasuki New Normal
Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Ist

Selain keindahannya, masjid ini juga memiliki ruangan luas yang dapat digunakan untuk duduk santai bersama teman atau kerabat. Masjid ini juga memiliki 12 payung elektrik yang mengembang besar sehingga teras masjid tidak terlalu panas dan terik.

Disediakan juga Bubur Kanji gratis yang dibagikan pengurus masjid untuk makanan berbuka puasa. Dengan segala kemudahan dan kenyamanan ini, rasanya tepat apabila Masjid Raya Baiturahman menjadi lokasi seru ngabuburit di Banda Aceh.

Shares: