News

Lima sekolah di Aceh Jaya berstatus terpencil

Selamat hari guru
Ilustrasi - Seorang guru memberikan pelajaran saat proses belajar mengajar di salah satu rumah siswa. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp)

POPULARITAS.COM – Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya mencatat ada lima sekolah di kabupaten itu yang tersebar di Kecamatan Krueng Sabee dan Kecamatan Sampoiniet berstatus terpencil.

“Penilaiannya salah satunya tergantung pada perkembangan suatu desa, karena status terpencil diberikan oleh Kementerian Desa bukan dari Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud),” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Aceh Jaya, Mutawali, dilansir dari Antara, Kamis (25/11/2021).

Ia menjelaskan katagori terpencil tersebut imbas dari terpencilnya desa/gampong tempat sekolah tersebut berdomisili, oleh sebab itu perkembangan suatu desa keluar dari katagori terpencil itu sangat penting.

Ia mengatakan pihaknya terus berupaya keluar dari katagori terpencil dan saat ini memang terus adanya perkembangan dari sebelumnya status sekolah terpencil di Aceh Jaya ada 30 sekolah saat ini hanya tinggal lima sekolah.

“Fasilitas sekolah terpencil sendiri saat ini masih sama dengan yang tidak terpencil, tidak ada kekurangan hanya saja statusnya yang masih terpencil disebabkan imbas dari desa yang belum berbenah,” katanya.

Pihaknya berharap semua daerah bisa keluar dari status terpencil sehingga perkembangan pendidikan akan terus maju di Aceh Jaya.

Data dari Dinas Pendidikan lima Sekolah terpencil di Aceh Jaya yaitu SD N 9 Sampoiniet, jumlah siswa yaitu 21 siswa/i, SDN 10 Sampoiniet jumlah siswa 29 siswa/i, SDN 12 Sampoiniet, jumlah siswa 81 siswa/i, SDN 5 Krueng Sabee 60 siswa/I dan SMP N 2 Krueng sabee, jumlah siswa 56 siswa/i.

Shares: