News

Lima Pria Terciduk Curi Minyak di Kapal Tanker di Lhokseumawe

Lima Pria Terciduk Curi Minyak di Kapal Tanker di Lhokseumawe.

POPULARITAS.COM – Sat Reskrim Polres Lhokseumawe menangkap lima orang pria yang nekat melakukan penipuan dan membawa kabur 20 jerigen bahan bakar minyak jenis pertamax, dari kapal Tanker MT Garuda Asia yang terparkir di area pesisir kawasan Desa Hagu Selatan, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Kelima tersangka tersebut adalah RG (36) MD (26) DI (36)  MS (37) mereka merupakan warga asal Desa Hagu Selatan, Kota Lhokseumawe, sementara satu tersangka lainya FR (41) warga Desa Cut Neuhen, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto mengungkapkan mereka beraksi pada Rabu 03 Maret 2021. Penipuan tersebut terjadi bermula salah satu penjaga saat itu sedang berjaga untuk mengawasi perpindahan bahan bakar minyak dari kapal Tanker MT Garuda Asia ke Depo Pertamina Lhokseumawe.

“Kemudian datang tersangka RG untuk meminta 10 jerigen bahan bakar minyak, yang dimana RG mengatakan bahwa dirinya telah meminta izin dengan cief officer (co) kapal dan pamen (juru pompa) kapal MT Garuda Asia itu,” ujar AKBP Eko Hartanto, Kamis (4/3/2021).

Lanjut Kapolres, RG berdalih mengambil bahan bakar minyak di kapal untuk pemuda setempat, karena petugas mengira RG sudah meminta izin dengan chief officer dan pamen (juru pompa) lantas petugas tersebut mempersilahkan tersangka RG, untuk mengambil bahan bakar minyak di salah satu tangki di kapal tersebut.

“Belakangan petugas itu mengetahui bahwa RG telah menipu. setelah dicek kembali tersangka RG dan empat temannya sempat menyeludupkan minyak dengan cara ditengelamkan ke laut,” jelas Eko.

Namun usaha itu gagal untuk dibawa kabur ke luar kapal karena telah diamankan oleh anggota kepolisian. Mereka ditangkap saat sedang mengangkut 29 minyak ke kapal speed boat warna merah.

Editor: dani

Shares: