HukumNews

Lima Daerah Rawan Laka Lantas di Aceh

Bocah di Aceh Timur meninggal usai ditabrak truk
Ilustrasi kecelakaan. Foto: Internet

BANDA ACEH (popularitas.com) – Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh merilis lokasi yang sering terjadi kecelakaan lalu lintas di seluruh Aceh. Dari data yang diperoleh, ada lima daerah yang rawan kecelakaan.

Daerah tersebut yaitu Banda Aceh, Bireuen, Pidie, Aceh Timur dan Aceh Besar. Dirlantas Polda Aceh juga menyebutkan, selama bulan Oktober 2019, ada 301 kasus kecelakaan. Sementara, di bulan November sebanyak 341 kasus.

“Bila kita bandingkan jumlah laka lantas bulan Oktober 301 kasus, Novomber 341 kasus, jadi ada kenaikan 13 persen,” kata Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani dalam keterangannya, Selasa, 3 Desember 2019.

Dicky menjelaskan, kejadian laka lantas yang sering terjadi menurut waktu adalah antara pukul 12:00 WIB – 18:00 WIB. Berdasarkan jam tersebut, selama bulan Oktober – November ada 230 kasus, dan mengalami kenaikan 40 persen di jam tersebut.

Sementara lokasi yang sering mengalami laka lantas yaitu di kawasan pemukiman, pusat perbelanjaan dan pertokoan. Faktor penyebab, kata Dicky, pengendara yang tidak tertib, lengah dan Lelah.

“Kita mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas dengan tidak melanggar batas kecepatan, rambu, marka jalan, traffic light dan melawan arus. Pastikan kondisi kesehatan tidak lelah atau mengantuk saat mengendarai kendaraan,” ujar Dicky.

Ia juga meminta pengendara mewaspadai musim hujan yang bisa mengakibatkan jalanan licin, berkabut dan banjir.* (DRA)

Shares: