News

Libur Sekolah dan Akhir Tahun, Pelabuhan Ulee Lheue Masih Sepi Penumpang

Meski Pandemi, 5 Ribu Wisatawan Berkunjung ke Sabang Selama Cuti Bersama
Penumpang menuju Sabang menaiki kapal fery di pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh (ANTARA/Rahmat Fajri)

POPULARITAS.com- Jelang libur akhir tahun, Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh masih terlihat normal, belum terlihat adanya penumpukan penumpang yang ingin menikmati liburan akhir tahun di Pulau Weh.

Hal ini jauh sekali dengan tahun-tahun sebelumnya, sebelum Covid-19 mewabah di Aceh. memasuki pertengahan Desember, wisatawan sudah mulai memadati pelabuhan Ulee Lheue untuk berlibur ke Sabang.

Kepala UPTD Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, Andrian, mengatakan jika dibandingkan dengan sebelum pandemi Covid-19, jumlah keberangkatan dan kedatangan saat ini hampir berimbang.

Pada 2019 jumlah penumpang yang menyeberang ke Sabang ada sekitar 426 ribuan, sedangkan  2020 hanya sekitar 234 ribuan, perbandingannya menurun hingga 50 persen.

“Desember 2020, sejauh ini belum ada peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan bulan lalu, kecuali Sabtu Minggu ada sedikit peningkatan jumlah penumpang kapal,” jelas Andryan.

Terkait jadwal keberangkatan kapal dari Ulee Lheue menuju Sabang, dan sebaliknya masih normal, setiap harinya menjalani dua trip perjalanan untuk kapal Fery, yakni pukul 07.30 wib  dan pukul 14.00 wib.

Begitu juga halnya dengan kapal cepat sehari berangkat 2 trip pukul 10.00 wib dan pukul 15.00 Wib. Namun jadwal dan trip perjalanan sesekali akan berubah jika cuaca buruk dan adanya lonjakan penumpang kapal.

“Sebelum pandemi Covid-19 setiap liburan sekolah, liburan lebaran dan akhir tahun sehari kapal bisa jalan 3 sampai 4 trip dan itu biasanya akan beroperasi selama seminggu tergantung seberapa banyaknya pengunjung yang berlibur ke Sabang,” jelas Andryan lagi.

Andrian juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin berlibur ke Sabang atau dari Sabang mau ke Banda Aceh, untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, menerapkan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak).

Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Karena sejak awal Desember di pelabuhan Ulee Lheue tidak diberlakukan lagi pemeriksaan surat kesehatan bebas Covid- 19, yang ada hanya pengecekan suhu tubuh saja.

Editor: Fitri

Shares: