News

Lebanon-Mesir teken kesepakatan final impor gas pada 21 Juni

Lebanon dan Mesir akan menandatangani kesepakatan final untuk mengimpor gas pada 21 Juni, kata juru bicara kementerian energi Lebanon kepada Reuters.
Lebanon-Mesir teken kesepakatan final impor gas pada 21 Juni
Seorang pekerja membuat kue "Maamoul", salah satu kudapan manis populer yang disajikan setiap Hari Raya Idul Fitri, di Tripoli, Lebanon Utara, Sabtu (30/4/2022). ANTARA FOTO/Xinhua/Khaled Habashiti/wsj.

POPULARITAS.COM – Lebanon dan Mesir akan menandatangani kesepakatan final untuk mengimpor gas pada 21 Juni, kata juru bicara kementerian energi Lebanon kepada Reuters.

Rencana tersebut, pertama kali diumumkan pada musim panas 2021, merupakan bagian dari upaya yang didukung Amerika Serikat untuk mengatasi kekurangan listrik yang melumpuhkan Lebanon dengan menggunakan gas Mesir yang akan dipasok melalui Yordania dan Suriah.

Seorang pejabat AS mengatakan awal pekan ini bahwa persetujuan akhir dari perjanjian antara negara-negara itu akan memungkinkan Washington untuk mengevaluasi apakah kesepakatan itu sesuai dengan sanksi AS terhadap Suriah. Setelah sesuai, gas itu dapat “mengalir pada akhirnya”.

Duta Besar Mesir untuk Lebanon tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Amerika Serikat memberlakukan Caesar Act (UU pemberlakuan sanksi terhadap pemerintah Suriah) pada 2019 yang memungkinkan AS membekukan aset siapa pun yang berurusan dengan Suriah, dengan tujuan memaksa Presiden Bashar al-Assad untuk menghentikan perang saudara 11 tahun dan menyetujui solusi politik.

Lebanon mengatakan gas Mesir, dikombinasikan dengan kesepakatan terpisah untuk mengimpor listrik dari Yordania, dapat meningkatkan pasokan listrik negara itu dari hanya beberapa jam sehari menjadi 10 jam per hari. (ANT)

Shares: