News

Larangan Mudik, Terminal di Aceh Masih Sepi

Hore..Pemerintah Aceh akhirnya bolehkan mudik lokal
Ilustrasi (Foto: merdeka.com)

POPULARITAS.COM – Pemerintah secara resmi telah mengumumkan bahwa mudik dalam rangka Idul Fitri 2021 dilarang.

Larangan ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pada 26 Maret 2021. Larangan mudik tersebut akan mulai berlaku mulai 6-17 Mei 2021.

Meskipun masih lama, untuk jumlah pemudik yang akan pulang kampung sejak awal di Aceh masih sepi. Itu terlihat dari aktivitas penumpang di Terminal Type A Batoh, Banda Aceh yang masih sepi penumpang bus.

Kepala Terminal Type A Batoh, Heriyanto mengatakan, hingga saat ini belum ada tanda-tanda keramaian atau pemudik yang pulang kampung lebih dulu.

“Belum ada tanda-tanda keramaian atau warga yang mudik. Masih sepi seperti di awal-awal puasa gitu, belum ada peningkatan,” katanya saat dikonfirmasi Rabu (21/4/2021).

Seharusnya, kata Heriyanto, karena larangan mudik hanya mulai berlaku sejak 6 Mei mendatang, penumpang sudah mulai ramai melakukan perjalanan mudik, tapi itu tidak terlihat di awal-awal saat ini.

“Biasanyakan sebelum tanggal itu sudah ada peningkatan, tapi kita (Aceh) sampai sekarang belum ada. Masih sepi saja,” katanya.

Menurutnya, lonjakan penumpang di Aceh diprediksi bakal terjadi sebelum 6 Mei dan juga H-3 Idul Fitri.

“Sebelum 6 Mei kemungkinan bisa jadi penumpang agak ramai. Tapi, H-3 lebaran juga kemungkinan ada peningkatan sedikit. Walau ada larangan, sama kejadiannya seperti tahun kemarin,” tuturnya.

Heriyanto juga memastikan setiap penumpang di terminal Batoh harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Serta melakukan tes GeNose Covid kepada penumpang di terminal tersebut.

Shares: