News

Kuota Belajar Kemendikbud September 2021 Disalurkan Besok

Sabang Perketat Penerapan Prokes Covid-19 di Sekolah
Siswa belajar secara daring dengan akses internet gratis dari Pemprov DKI Jakarta di Kantor RW 02 Kampung Internet, Galur, Jakarta, Kamis (3/9/2020). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nz

POPULARITAS.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melanjutkan program penyaluran kuota internet gratis untuk siswa, mahasiswa, guru, serta dosen.

Penyaluran kuota internet Kemendikbud ini akan dilakukan selama tiga bulan, mulai September, Oktober, hingga November 2021.

Adapun jadwal penyaluran kuota internet gratis Kemendikbud Ristek akan dilakukan secara berkala pada tanggal 11-15 tiap bulannya.

Dengan demikian, kuota internet gratis Kemendikbud bulan September ini sesuai jadwal akan disalurkan mulai besok, Sabtu (11/9/2021). Kuota bantuan ini akan berlaku selama 30 hari sejak diterima.

Besaran kuota Kemendikbud

Sementara besaran kuota internet gratis Kemendikbud yang diberikan untuk siswa dan pendidik menurut jenjang pendidikan adalah sebagai berikut:

Siswa PAUD: 7 GB/ bulan

Siswa SD, SMP, SMA: 10 GB/ bulan

Pendidik PAUD, SD, SMP, SMA: 12 GB/ bulan

Mahasiswa dan dosen: 15 GB/ bulan

Setiap nomor ponsel penerima bantuan bisa menerima paling banyak tiga bantuan paket kuota data internet, dengan ID penerima bantuan yang berbeda.

Seperti bantuan kuota periode sebelumnya, bantuan kuota internet Kemendikbud Ristek kali ini merupakan kuota umum.

Artinya, siswa, guru, mahasiswa, dan dosen bisa menggunakan kuota untuk mengakses seluruh situs web dan aplikasi. Akan tetapi, ada beberapa laman yang tidak bisa diakses dengan kuota Kemendikbud Ristek, yakni media sosial seperti Instagram, Facebook, Snapchat, Tinder, dll game seperti Candy Crush, Clash of Clans, Garena Free Fire, dll Aplikasi video seperti Netflix, TikTok, Viu, dll.

Sumber: Kompas

Shares: