Kunjungan Wisatawan ke Pulau Banyak Meningkat Meskipun Pandemi

POPULARITAS.COM – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Singkil menyatakan kunjungan wisatawan ke Pulau Banyak saat libur panjang nasional pekan ini meningkatkan dibandingkan hari biasa.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Singkil Edi Hartono mengatakan peningkatan bisa dilihat dari padatnya angkutan kapal penyeberangan.

“Dari pantauan kami, ada peningkatan kunjungan wisatawan ke Pulau Banyak saat libur panjang ini dibandingkan hari biasa. Kalau soal jumlah wisatawan yang berkunjung, kami belum menerima informasinya,” kata Edi Hartono, Kamis (29/10/2020) dilansir Antara.

Menurut Edi Hartono, peningkatan tersebut juga bisa dilihat dari laporan para pemilik resor maupun penginapan di Pulau Banyak. Rata-rata resor dan penginapan dilaporkan hampir penuh semua.

Edi Hartono menyebutkan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Banyak didominasi warga lokal dan Sumatera Utara. Sedangkan wisatawan asing sejak pandemi COVID-19, belum ada yang berkunjung.

“Tujuan wisatawan ke Pulau Banyak di antaranya Pulau Panjang. Pulau Panjang ini merupakan destinasi wisata keluarga. Jaraknya dekat dari Pulau Balai yang merupakan ibu kota kecamatan,” kata Edi Hartono.

Selain Pulau Panjang, tujuan wisatawan lainnya yakni Pulau Tailana dan Pulau Palambak. Sebelum pandemi COVID-19, kedua pulau tersebut ramai dikunjungi wisatawan mancanegara.

Terkait dengan pemeriksaan COVID-19 bagi wisatawan ke Pulau Banyak, kata Edi Hartono, Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil jauh hari sudah mendirikan posko kesehatan di pelabuhan

“Setiap wisatawan harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh, wajib memakai masker serta melampirkan hasil pemeriksaan baik rapid test maupun tes usab. Tujuannya untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Pulau Banyak,” kata Edi Hartono.

Pulau Banyak merupakan gugusan kepulauan di Samudra Hindia. Berada di selatan Provinsi Aceh, masuk wilayah administrasi Kabupaten Aceh Singkil. Jarak tempuh ke Pulau Banyak sekitar dua jam pelayaran menggunakan kapal roro.[acl]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.