News

Kunjungan wisatawan ke Banda Aceh meningkat

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyatakan kunjungan wisatawan ke ibu kota Provinsi Aceh itu meningkat pada 2021 atau selama pandemi COVID-19 mereda.
Dispar: 123.391 wisatawan kunjungi Banda Aceh
Ilustrasi, wisatawan mancanegara mengunjungi obyek wisata PLTD Apung di Banda Aceh, Aceh, Rabu (26/9/2018). Kementerian Pariwisata menargetkan sebanyak 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019 dan menetapkan 10 destinasi pariwisata baru untuk menggenjot investasi pada sektor kepariwisataan.(ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA)

POPULARITAS.COM – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyatakan kunjungan wisatawan ke ibu kota Provinsi Aceh itu meningkat pada 2021 atau selama pandemi COVID-19 mereda.

“Alhamdulillah, begitu pandemi mereda, kunjungan wisatawan ke Banda Aceh langsung meningkat,” kata Aminullah Usman, dikutip dari Antara, Jumat (7/1/2022).

Aminullah menyebutkan kunjungan wisatawan ke Banda Aceh pada 2021 sebanyak 251.836 pelancong. Artinya meningkat 46,2 persen jika dibandingkan dengan 2020 lalu.

Aminullah menjelaskan wisatawan ke Banda Aceh mulai meningkat tajam sejak 2017. Bahkan berdasarkan data hunian hotel, jumlah kunjungan wisatawan mencatatkan rekor terbanyak 500 ribu lebih pada 2019.

Namun, pandemi COVID-19 membuat laju impresif Banda Aceh tersebut berhenti, termasuk perdagangan dan jasa yang menjadi sektor unggulan selain pariwisata.

“Kini dengan situasi COVID-19 yang sudah semakin terkendali, keran aktivitas masyarakat, perekonomian, dan pariwisata kita buka kembali, Insya Allah kota kita akan semakin menggeliat,” ujarnya.

Menurut Aminullah, kenaikan jumlah kunjungan wisatawan tidak lepas dari suksesnya Banda Aceh dalam mengendalikan COVID-19.

“Vaksinasi kita melampaui target nasional, sudah di atas 100 persen. Penerapan prokes kita pantau secara ketat, dan kini kita menerapkan PPKM level 1, satu-satunya di Aceh,” katanya.

Aminullah menuturkan, dengan adanya peningkatan kunjungan wisatawan, maka itu akan memberi multiplier effect bagi warga Banda Aceh. Penginapan akan penuh kembali, warkop, restoran, warkop, hingga sektor transportasi dan UMKM pun akan terkena dampak positif.

Dalam kesempatan ini, Aminullah mengucapkan terima kasih kepada stakeholder terkait dan masyarakat karena telah mendukung penanganan COVID-19.

“Sehingga pariwisata Banda Aceh kembali dilirik oleh para wisatawan, dan saatnya kita sambut para wisatawan dengan pelayanan terbaik,” demikian Aminullah.

Shares: