Kunjungan Kapal Pesiar ke Sabang Turun 72,72 Persen

POPULARITAS.COM – Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) mencatat jumlah kunjungan kapal pesiar dari belahan dunia ke Sabang, Provinsi Aceh menurun drastis hingga 72,72 persen selama 2017 dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jumlah kunjungan kapal pesiar 2017 hanya 3 armada dan 2016 jumlahnya 11 armada,” kata Kepala Kepelabunan BPKS Sabang Zulkarnaini Abdullah di Sabang, Rabu (14/2/2018) seperti dilansir Antara Aceh.

Penyebab utama menurunnya kunjungan kapal pesiar ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) menurut Zulkarnaini, kurangnya promosi destinasi wisata yang dimiliki kepulauan paling ujung barat Indonesia ke sejumlah operator kapal maupun travel atau penyedia jasa pelayaran itu sendiri.

“Pada tahun 2016 kita kurang promosi ke pihak operatior kapal cruise atau ke sejumlah travel penyedia jasa pelayaran, mungkin ini penyababnya kunjungan kapal pesiar menurun ke Sabang,” katanya lagi.

Kepala Kepelabunan BPKS Sabang juga memaparkan, pada 2016 lalu jumlah kunjungan kapal pesiar ke pulau terluar paling ujung barat Indonesia meningkat hingga 200 persen jika dibanding dengan 2015.

“Pada 2016 kapal pesiar yang merapat ke Sabang sebanyak 11 armada, angka ini menunjukkan peningkatan sampai 200 persen dari 2015 yang empat armada,” paparnya.

“Jika kita liat angka tersebut ada perbedaan yang sangat jauh dan meningkatnya kunjungan kapal pesiar pada tahun 2016 lalu karena para pihak intens mempromosikan destinasi wisata bahari yang tersebar di Sabang,” tambah Zulkarnaini sembari menunjukkan catatan jumlah kunjungan kapal pesiar.

Ada pun kapal pesiar yang berkunjung dan sandar di Pelabuhan CT-1 dan CT-3 BPKS Sabang 2017 yaitu 3 armada meliputi Kapal MS Silver Discovorer (Bahamas), MS pasific WEden (Inggri) dan MS Costa Victoria (italia), dan jumlah wisatawan keseluruhan 3.344 orang dan 1.263 crew kapal.

Kemudian ke-11 kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan CT-1 dan CT-3 BPKS Sabang 2016 lalu diantaranya, delapan armada berbendera Bahamas, dua Inggris dan satu lagi berbendera Bermuda.

Kapal pesiar tersebut meliputi, Siver Shadow (Bahamas), MS Caledonian Sky (Bahamas), MS. The World (Bahamas) dan MS Silver discoverer (Bahamas) masing-masing satu kali.

Lalu, Kapal pesiar Seven Seas Voyager (Bahamas) dan Hamburg (Bahamas) MS Artania (Bermuda), MS Pacific Eden (British) masing-masing dua kali dan jumlah wisatawan asing yang menumpangi kapal persiar itu semuanya berjumlah 5,933 orang dan 3.72 crew kapal.

Untuk mendongkrat kunjungan wisatawan ke Sabang, Pemerintah Pusat bersama sejumlah kementerian, dan pemerintah daerah telah menyelenggarakan iven internasional yakni, “Sail Sabang” yang berlangsung sejak 28 November sampai 5 Desember 2017 mengangkat tema “Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia”.

Pulau terlaur paling ujung barat Indonesia yang diapit Selat Malaka dan Samudera Hindia memiliki objek wisata andalan meliputi, wisata bahari (Snorkling/Diving), wisata heritage serta wisata sejarah.

Selain itu juga, Kota Madya Sabang, Provinsi Aceh yang lebih dikenal dengamn sebutan Pulau Weh juga menyungguhkan pesona alam yang bagus (daratan dan dasar laut), kesemua objek ini layak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.[acl]

-ads-

-ads-

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.