News

Kronologi Kebakaran di Hotel 61

Hotel 61 di Peunayong Banda Aceh terbakar. (popularitas/fadhil)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Hotel 61 di Jalan Panglima Polem, Peunayong, Kota Banda Aceh terbakar pada Senin, 27 Januari 2020. Beruntung, kebakaran hanya menghanguskan lantai tiga hotel tersebut.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh, Rizha mengatakan, kebakaran juga merambah ke toko AW milik Yasin Fahizal dan toko Cinta Photo milik Fransleo. Tak ada korban jiwa dalam musibah itu.

Baca: Hotel 61 di Banda Aceh Terbakar

“Kejadiannya sekira pukul 16.10 WIB, adapun pemilik tokonya adalah toko Cinta Photo milik Fransleo, toko AW milik Yasin Fahizal dan Hotel 61 yang dikelola oleh Windika,” kata Rizha dalam keterangannya, Senin, 27 Januari 2020 malam.

Berdasarkan keterangan petugas hotel, kata Rizha, awalnya api muncul dari sebuah ruangan di lantai 3 Hotel 61. Api kemudian merampah ke ruangan lainnya, termasuk toko AW dan toko Cinta Photo.

“Informasi yang dihimpun oleh pekerja Hotel 61 menyatakan bahwa gudang penyimpanan barang bekas diatas yaitu letaknya di atas lantai 3 pada bagian plafon mengeluarkan asap dan api, sehingga ia panik dan memberitahukan ke karyawan lainnya tentang kejadian ini,” sebut Rizha.

Kata Rizha, melihat adanya kepulan asap tebal, masyarakat di sekitar lokasi kejadian melaporkan kejadian tersebut ke petugas pemadam kebakaran. Berdasarkan informasi kebakaran diterima oleh petugas piket di kantor DPKP Kota Banda Aceh, lalu mengerahkan sebanyak 7 unit armada pemadam ke lokasi tersebut.

Disebutkan Rizha, sebanyak 7 unit armada pemadam tiba di lokasi kejadian pada pukul 16.18 WIB. Kemudian, disusul 4 unit armada dari Kabupaten Aceh Besar.

“Jadi ada total 11 armada pemadam dikerahkan ke lokasi,” ujarnya.

Rizha menambahkan, api baru berhasil dipadamkan pada pukul 16.45 WIB. Dalam proses pemadaman, juga dibantu oleh personel Polda Aceh, personel Polresta Banda Aceh, personel Polsek Kuta Alam serta personel Kodam IM dan Kodim 0101/BB.

“Setelah kondisi aman terkendali armada kembali ke posnya pukul 18.45 WIB,” pungkasnya.*(C-008)

Shares: