KRI Dewaruci Bawa Pelajar Seluruh Indonesia ke Sabang

POPULARITAS.COM – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dewaruci tiba di pelabuhan CT-3 BPKS Sabang. Kedatangan kapal legendaris itu membawa rombongan pelajar dari seluruh provinsi di Indonesia yang sedang mengikuti ekspedisi Indonesia Nusantara Jaya (INJ) 2017. 

KRI Dewaruci tiba sekitar pukul 18.00 Wib , Selasa (28/11/2017). Kedatangan kapal berusia 64 tahun itu disambut langsung oleh seratusan warga yang telah berada di sekitaran pelabuhan, serta penampilan marsing band dari taruna kapal Bima Suci yang lebih dulu bersandar di palabuhan.

Komandan Satgas Indonesia Nusantara Jaya (INJ), Muhammad Suhendra mengatakan, sebanyak 68 pelajar yang ikut berlayar bersama Dewaruci merupakan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dari 34 provinsi di Indonesia, setiap provinsinya diwakili oleh dua orang.

Ekspedisi Indonesia Nusantara Jaya merupakan program dibawah Kominfo Maritim bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut, bertujuan untuk membina para pelajar dari seluruh nusantara.

“Tahun 2017 ini INJ melakukan dua misi yang pertama mengirim 3000 pemuda dengan kapal perintis ke titik-titik terdepan. Sementara yang kedua adalah para siswa  ikut berlayar dengan Dewaruci,” ujarnya.

Sementara itu, kapten KRI Dewaruci, Letkol Laut Rahadian Rahmadi, mengatakan selama pelayaran berlangsung para pelajar diberikan pengetahuan tentang ilmu kemaritiman, kebaharian dan seputar pelayaran.

“Kita bina karakter mereka misi yang dibawa oleh pelayaran Dewaruci ialah membentuk karakter mereka untuk menanam budaya kemaritiman Indonesia,” katanya.

Ekspedisi INJ 2017 tersebut, kata  Letkol Laut Rahadian Rahmadi, merupakan pelayaran yang panjang. Dimulai dari Jakarta lalu ke Batam, Sabang dan dilanjutkan ke Belawan sebelum kembali ke Jakarta.

“Pelayaran lumayan lama secara keseluruhan memakan waktu selama 28 hari,” sebutnya.

Diketahui kedatangan dua kapal perang milik TNI-AL beserta para pelajar, dalam rangka memeriahkan pagelaran Sail Sabang yang berlangsung sejak 28 November hingga 5 Desember 2017 mendatang.(acl)

PENULIS : ZUHRI NOVIANDI

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.