HeadlineNews

Korea Selatan Bantu Indonesia Alat PCR, Bisa Periksa 32.200 Pasien Corona

Korea Selatan Bantu Indonesia Alat PCR, Bisa Periksa 32.200 Pasien Corona
Ilustrasi. (foto: pasardana)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pemerintah Republik Korea telah mengirimkan bantuan senilai 5000.000 USD kepada Pemerintah Indonesia untuk penanganan Covid-19. Bantuan tersebut dikirim dalam bentuk barang berupa alat tes Polymerase chain reaction (PCR) dan alat penyemprotan disinfektan.

Pengiriman bantuan itu dilakukan secara bertahap. Bantuan pertama dikirim alat penyemprotan disinfektan Rabu, 8 April 2020 lalu. Sedangkan alat tes PCR telah sampai di Indonesia Jumat (24/4/2020) sekira pukul 15.30 WIB. Alat ini nantinya dapat digunakan untuk memeriksa 32.200 pasien Covid-19.

Presiden Republik Korea, Moon Jae-in lewat siaran pers dikirim Kudubes mengatakan, bantuan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kapasitas pemeriksaan Covid-19. Mengingat Indonesia sedang mengalami kesulitan dalam ketersediaan alat kesehatan dan produk untuk penanggulangan Covid-19.

“Akan memprioritaskan Indonesia dalam hal pemberian bantuan penanganan Covid-19 atas pertimbangan keberadaan hubungan kedua negara sebagai mitra strategis khusus atau Special Strategic Partner,” kata Moon Jae-in.

Presiden Moon Jae-in juga menyampaikan harapannya agar kedua negara dapat semakin mengintensifkan komunikasi dan mempererat kerja sama pada masa sulit akibat Covid-19 ini.

Indonesia merupakan satu di antara beberapa begara lain penerima bantuan kemanusiaan Republik Korea, baik dari pemerintah maupun swasta. Kata Moon Jae-in, hal tersebut menunjukkan eratnya hubungan kedua negara dan pentingnya kedudukan Indonesia bagi Republik Korea.

Indonesia merupakan salah satu mitra negara Republik Korea dalam New Southern Policy. Menjadi satu-satunya negara di kawasan ASEAN yang memiliki hubungan kemitraan strategis khusus atau Special Strategic Partnership dengan Republik Korea.

Kedutaan Besar Republik Korea akan terus menjalin komunikasi yang intensif dengan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kerja sama penanganan Covid-19 termasuk pemberian bantuan kemanusiaan. Kedutaan Besar Republik Korea juga akan terus mengupayakan keamanan warga Korea di Indonesia.[acl]

Shares: