News

Koordinator MPO Akui Pasang Papan Bunga di Depan Kantor Gubernur

Papan bunga ucapan selamat kepada Pemerintah Aceh atas capaiannya menjadi provinsi termiskin di Pulau Sumatera tampak terpasang di Jalan T Nyak Arief atau tepatnya di depan kantor Gubernur Aceh, Rabu (17/2/2021). (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Koordinator Masyarakat Pengawal Otsus (MPO), Syakya Meirizal mengakui bahwa dirinya inisiator pemasangan 10 papan bunga ucapan selamat untuk Aceh menjadi provinsi termiskin se-Sumatera. Dana untuk 10 papan bunga itu merupakan sumbangan dari berbagai pihak.

“Ini inisiatif saya, tetapi saya meminta kawan-kawan yang punya kesepahaman dengan saya untuk menyumbang papan bunga. Ada yang satu papan bunga, ada yang dua papan bunga,” kata Syakya, Rabu (17/2/2021).

Ia menjelaskan, pemasangan papan bunga itu adalah wujud respon mereka terhadap rilis BPS yang menyebutkan Aceh menjadi provinsi termiskin di Pulau Sumatera. Pemasangan papan bunga ini juga sebagai kritik sosisal terhadap tata kelola Pemerintah Aceh.

“Jadi solidaritas dari teman- teman yang sepaham bahwa ada masalah besar dalam tata kelola pemerintah Aceh, terutama penggunaan anggaran untuk penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi,” ucap Syakya.

Syakya juga menyoroti kebijakan Pemerintah Aceh yang memberikan dana hibah sebesar Rp 9,5 miliar lebih kepada OKP dan lembaga swasta lainnya di Aceh. Padahal, dana hibah tersebut dapat digunakan untuk mengentaskan kemiskinan di Tanah Rencong.

“Dana hibah untuk OKP sebuah ironi ketika masyarakat miskin anggarannya tidak disalurkan, hak-hak masyarakat miskin, rumah duafa yang sudah ditetapkan selama 3 tahun di Baitul Mal itu dibatalkan, anggaran bansos tidak dicairkan satu rupiah pun untuk masyarakat miskin, tetapi untuk OKP yang tidak ada urgensinya, relefansi dan korelasi dalam penanganan Covid-19 justru dicairkan,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, sedikitnya 10 papan bunga bertuliskan ucapan selamat kepada Pemerintah Aceh atas capaiannya menjadi provinsi termiskin di Pulau Sumatera tampak terpasang di Jalan T Nyak Arief atau tepatnya di depan kantor Gubernur Aceh, Rabu (17/2/2021).

Amatan popularitas.com, sejumlah papan bunga itu dipasang berjejeran di median jalan. Papan bunga ini mengundang perhatian pengguna jalan yang melintasi kawasan itu, sebagian di antara mereka tampak merekam melalui smartphone.

Adapun tulisan-tulisan di papan bunga tersebut antara lain, ‘Selamat kepada Pemerintah Aceh atas prestasi provinsi termiskin se-Sumatera’. ‘Selamat kepada Gubernur Aceh yang telah berhasil merebut kembali juara termiskin se Sumatera’.

Lalu, ‘Selamat kepada Pemerintah Aceh atas prestasi provinsi termiskin se Sumatera’ dan ‘Selamat bahagia gubernur dsn sekda di atas penderitaan rakyat jelata’.

Selain ucapan selamat, papan bunga itu juga disertai sumber, seperti rakyat miskin, awak becak, ex pengsuih, scatter  mania Aceh, rakyat jelata, kaum dhuafa, mugee eungkot, mantan penjilat, korban meulisan, dan askar baim.

Editor: dani

Shares: