Kondisi kesehatan Gubernur Aceh yang terpapar covid-19 mulai membaik

POPULARITAS.COM – Tiga minggu sejak menjalani isolasi mandiri usai terkonfirmasi positif covid-19, kondisi kesehatan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, berangsung pulih, dan membaik.

Hal tersebut, disampaikan oleh tim medis yang menangani kesehatan, Nova Iriansyah, yakni, dr. T. Zulfikar, Sp.P (K) FISR. Ia menerangkan, saat pertama kali diketahui Gubernur Aceh terpapar Covid-19, beliau sama sekali tidak menunjukkan gejala apapun.

Namun, dua hari berselang, gejala mulai muncul, yakni batu, pegal-pegal dan kehilangan indera penciuman, paparnya. Karenanya, saat itu pihaknya menyarankan agar Pak Nova untuk istirahat dan melakukan isolasi mandiri.

Saat ini, meskipun kesehatan telah berangsur pulih, namun dari pemeriksaan uji swab Pak Nova, masih terkonfirmasi positif Covid-19, Karena itu pihaknya merekomendasikan agar Gubernur Aceh tetap menjalani isolasi mandiri, hingga hasil tesnya nanti negatif.

baca juga : Gubernur Aceh Sudah 23 Hari Positif Covid-19

Hal serupa disampaikan oleh, dr. M. Fuad Sp.PD FINASIM yang juga anggota tim medis perawatan Gubernur Nova. Ia menyebutkan manfaat pemberian vaksin sebagai salah satu strategi pengendalian pandemi. Namun setiap orang yang sudah divaksin juga disebut masih memiliki peluang untuk tertular virus itu. 

Ia mengatakan, vaksin sesungguhnya tidak secara instan mencegah terjadinya penularan Covid-19. “Namun jika seseorang sudah divaksin, maka potensi orang tersebut untuk bergejala atau jatuh sakit dengan kondisi parah ketika tertular Covid-19 dapat dikurangi,” ujar Fuad. 

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, menerangkan, Gubernut Aceh terdeteksi terpapar corona pada 31 Mei 2021 berdasarkan hasil swab PCR, dan sejak itu telah melakukan isolasi mandiri.

baca juga : Gubernur Aceh perpanjang PPKM hingga 28 Juni 2021, Warkop tetap dilarang beroperasi diatas pukul 22.00 WIB

Selang empat hari, tanggal 4 Juni, Gubernur Nova  kembali menjalani pemeriksaan dan hasilnya masih positif Covid-19, dan meneruskan isolasi sesuai rekomendasi tim medis yang menangani perawatannya. 

“Hasil swab berikutnya pada 14 Juni 2021 juga masih terdeteksi materi genetik virus corona,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani (SAG). 

Selanjutnya, pada 21 Juni 2021, tim medis kembali melakukan uji swab dan hasilnya masih tetap positif Covid-19. Kondisi positif berlanjut bagi pasien Covid-19 bukanlah fenomena baru. Ada banyak bukti atau evidance di dalam dan luar negeri, katanya. 

Karena itu, lanjut SAG,  tim medis RICU dan PINERE RSUDZA Banda Aceh tetap menganjurkan Pak Nova Iriansyah untuk melanjutkan isolasi mandiri untuk percepatan pemulihan kesehatannya. 

Editor : Hendro Saky

Comments
Loading...