News

Kondisi jemaah Aceh di tengah suhu 45 derajat celsius

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh menyebut jemaah calon haji asal Aceh yang sudah berada di Arab Saudi dalam kondisi sehat, namun tetap meminta agar mereka menjaga kondisi kesehatan mengingat proses ibadah haji masih panjang.
1.028 calon haji Aceh tunda berangkat, ini penyebabnya
Jemaah haji Aceh kloter 2 menjalani proses administrasi di Asrama Haji Aceh, Banda Aceh, Kamis (16/6/2022). FOTO: Dok. Kemenag Aceh

POPULARITAS.COM – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh menyebut jemaah calon haji asal Aceh yang sudah berada di Arab Saudi dalam kondisi sehat, namun tetap meminta agar mereka menjaga kondisi kesehatan mengingat proses ibadah haji masih panjang.

“Alhamdulillah kondisi jemaah dalam keadaan sehat, walaupun suhu di Madinah mencapai 45 derajat celsius , namun tidak menyurutkan semangat jemaah untuk melakukan salat Arbain,” kata Koordinator Humas dan Penerangan PPIH Embarkasi Aceh, Tajri bin Yakop, dikutip dari laman Antara, Senin (20/6/2022).

Tajri mengatakan jemaah calon haji Aceh yang sudah berada di Tanah Suci sebanyak 1.959 jemaah, yang berada dalam lima kelompok penerbangan (kloter) dari total enam kloter Aceh.

Dijelaskan Tajri, petugas kloter dan kesehatan PPIH Embarkasi Aceh selalu mengingatkan jemaah agar senantiasa menjaga kesehatan dan disiplin istirahat, karena puncak ibadah dan perjalan haji masih lama.

Kata dia, petugas di sana terus mengingatkan jemaah untuk memakai payung dan masker, yang secara berkala dibasahi dengan air menggunakan botol semprot karena cuaca sangat panas.

Kemudian, jemaah juga diimbau memakai kacamata hitam, membawa bekal air minum yang telah diberi oralit guna mencegah terjadinya dehidrasi. Jemaah juga diminta membawa bekal makanan yang dapat dikonsumsi saat menunggu atau setelah pelaksanaan salat.

“Jemaah juga diingatkan untuk sering minum, jangan tunggu haus,” kata Tajri.

Selain itu, jemaah juga diminta memakai alas kaki saat berada di pelataran masjid yang tidak tertutup karpet, membawa kantong atau tas tempat alas kaki, serta tas ini wajib dibawa masuk ke masjid saat salat.

Hingga saat ini hanya kloter enam yang belum berangkat ke Tanah Suci. Kloter terakhir ini merupakan kloter campuran bersama jamaah calon haji Embarkasi Medan, Sumatera Utara.

Jemaah calon haji Aceh dalam kloter enam sebanyak 57 orang yakni asal Kota Banda Aceh 56 orang dan satu orang asal Kabupaten Aceh Barat. Mereka juga didampingi satu orang petugas haji daerah Embarkasi Aceh.

“Jemaah kloter enam diterima di Asrama Haji Embarkasi Aceh pada Senin (20/6/2022) pukul 10.00 WIB dan berangkat pada Selasa (21/6/2022) pukul 10.00 WIB,” katanya.

Shares: