News

Kondisi di Dayah Labuhanhaji Terkendali, Orangtua Santri Diminta tidak Panik

Foto: Suasana pemadaman api di Dayah Labuhanhaji Aceh Selatan (BPBA)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Api yang membakar kompleks Dayah Labuhanhaji Aceh Selatan menghanguskan tiga gang rangkang milik santri, Senin, 9 Desember 2019 dinihari tadi. Tiga orang santri dilaporkan cidera saat proses evakuasi terjadi.

“Korban (terdampak) kebakaran umumnya sebagian dari santri Abdya, Aceh Selatan, Takengon, Bener Meriah, dan Gayo Lues,” ungkap Teungku Edy, salah seorang alumni Dayah Labuhanhaji yang berada di lokasi kejadian.

Dia mengatakan kondisi bangunan rangkang yang terbakar tersebut rata dengan tanah. Menurutnya api dengan cepat merambat dikarenakan rangkang santri berbahan kayu dan beratap rumbia.

“Untuk santri daerah lain alhamdulillah aman saja, dan keadaan terkendali. Untuk hari ini santri sedang mengikuti ujian terakhir semester ganjil. Mohon diberitahukan kepada wali santri agar tidak panik, Allah Maha Menolong,” kata Teungku Edy lagi.

Baca: Dayah Labuhanhaji Terbakar

Lebih lanjut, Teungku Edy mengatakan kompleks rangkang yang terbakar berada agak jauh dari pusat pendidikan keagamaan Labuhanhaji. Bangunan yang terbakar juga berada di pesisir pantai Darul Pasi Dayah Darussalam. “Dekat rumah saya,” katanya lagi.

Dia berharap para pihak tidak berspekulasi dengan menyebarkan video atau foto yang mengundang kekhawatiran dari orangtua santri. Apalagi jika sampai memberikan keterangan bahwa Dayah Darussalam terbakar habis. “Itu tidak benar,” tulis Teungku Edy di laman Facebook miliknya.* (RED)

Shares: