-ads-

Komunitas Saleum Luncurkan Single Terbaru Asoe Nanggroe

BANDA ACEH (popularitas.com) – Komunitas Saleum Group meluncurkan single terbaru berjudul ‘Asoe Nanggroe’. Lagu yang diciptakan oleh Imam Juaini dan dinyanyikan Yaqob Samalanga ini sudah diluncurkan di akun youtube komunitas tersebut sejak Senin, 18 Mei 2020.

Direktur Komunitas Saleum Group, Imam Juaini mengatakan single ‘Asoe Nanggroe’ diciptakan dalam lirik bahasa Aceh. Proses pembuatan video klip ini memakan waktu kurang lebih satu minggu.

“Proses syutingnya di kawasan Aceh Besar, proses pembuatannya hingga editing kurang lebih memakan waktu satu minggu,” kata Imam kepada popularitas.com, Jumat, 22 Mei 2020.

Ia menjelaskan, asal muasal lirik lagu tersebut diangkat dari akar tradisi peunayon aneuk (pengantar tidur si buah hati), sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Aceh saat mengantar tidur anaknya.

“Lagu ini dikemas dalam nuansa atau suasana kekinian, dengan tanpa menghilangkan nilai-nilai tradisi yang merupakan bagian media penyampaian di masyarakat,” tutur Imam.

Pesan yang ingin disampaikan dalam lagu tersebut, kata Imam, yaitu berupa identitas, keagamaan, dan semangat yang dimiliki masyarakat Aceh serta juga penting menuntut ilmu.

“Yang kita ingin sampaikan dalam lagu berupa identitas, keagamaan, semangat dan juga pentingnya menuntut ilmu baik ilmu umum dan ilmu agama sebagai modal untuk suatu perubahan dan kemantapan diri,” kata Koreografer Opening Massal PKA 7 2018 itu.

Komunitas Saleum Group merupakan salah satu komunitas seni yang berkedudukan di Kota Banda Aceh. Komunitas yang didirikan pada 2005 itu menampung anak-anak muda yang ingin bergelut di dunia seni, khususnya seni tradisi Aceh. [acl]

Reporter: Muhammad Fadhil

Ucapan Idul Fitri – Kadin Aceh

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Ucapan Idul Fitri (KONI)
Ucapan Idul Fitri (Wali Nanggroe)