NewsPolitik

Komisioner KIP Aceh besok dilantik di Jakarta

Setelah mengalami tarik ulur antara legislatif dan eksekutif, perihal pelantikan anggota komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, yang telah ditetapkan oleh DPR Aceh, akhirnya persoalan pengukuhan keanggotan penyelenggara pemilu tersebut mendapatkan kepastian untuk dilantik.

BANDA ACEH (popularitas.com) : Setelah mengalami tarik ulur antara legislatif dan eksekutif, perihal pelantikan anggota komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, yang telah ditetapkan oleh DPR Aceh, akhirnya persoalan pengukuhan keanggotan penyelenggara pemilu tersebut mendapatkan kepastian untuk dilantik.

Salah seorang komisioner KIP Aceh terpilih, Munawarsyah, kepada media ini, Senin (16/7), mengatakan bahwa, dirinya telah mendapatkan undangan untuk menghadiri pelantikan dari Plt Gubernur Aceh, Selasa (17/7), di gedung Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta. “Iya, undangan sudah kita peroleh kemarin malam, dan disebutkan akan dilantik pada Selasa besok,” katanya.

Surat undangan pelantikan dirinya, dan para komisioner terpilih lainnya, ditandatangani oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Sementara itu, juru bicara Pemerintahan Aceh, Wiratmadinata, menerangkan, perihal pelantikan komisioner KIP Aceh, telah menjadi komitmen Plt Gubernur Aceh, dan hal ini telah dibicarakan dengan pihak KPU RI dan Kemendagri. Dan untuk itu, kata Wira, Bapak Plt telah mengirimkan dua staf ke Jakarta, guna membahas aspek hukum dan yuridis mengenai pelantikan.

“Yang jadi pokok bahasan adalah, siapa nanti yang akan melantik, apakah Plt Gubernur, atau pihak KPU atau Mendagri,” kata Wira.

Karena itu, dirinya akan terus berkomunikasi dengan pihak Pemerintah Aceh, yang saat ini tengah berkordinasi dengan tim Kemendagri dan KPU. “Secara prinsip, persoalan pelantikan tidak masalah, yang sedang dibahas adalah aspek legal dan yuridis keabsahan siapa yang akan melantik komisioner KIP Aceh,” tukasnya. (SAKY)

Shares: