Kominfo Gratiskan Seribu Internet untuk Masjid di Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan pemasangan internet untuk 1.000 masjid dan 1.000 pesantren di Provinsi Aceh. Fasilitas ini diberikan secara gratis dan dapat dimanfaatkan selamanya.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengatakan, fasilitas internet diberikan untuk memudahkan masyarakat Aceh dalam mengakses internet. Seperti di masjid, selain dapat dimanfaatkan oleh jemaah, fasilitas ini juga bisa digunakan oleh masyarakat sekitar.

“Selama alatnya ada, ya gratis, akses internet itu berarti informasi dari satelit langsung ke wilayah tersebut, itu akses internet, beda dengan WTW, kalau WTS melalui jaringan,” kata Johnny saat ditemui wartawan di kawasan Lampineung, Banda Aceh, Jumat, 22 Februari 2020 sore.

Ia menjelaskan, pemasangan internet gratis diawali di Masjid Raya Baiturrahman Kota Banda Aceh pada Kamis, 20 Februari 2020 lalu. Selanjutnya, pemasangan akan diikuti di masjid-masjid lainnya di seluruh wilayah di Tanah Rencong.

“Ada bantuan-bantuan untuk wilayah-wilayah blankspot di Aceh, di antara untuk akses internet, ada 1.000 akses internet untuk seribu masjid, ada seribu akses internet untuk 1.000 pesantren atau tempat pendidikan, di sekitar masjid pasti banyak masyarakat yang bisa menggunakan akses internet yang sama, untuk kepentingan masyarakat di kampungnya,” jelasnya.

Johnny menjelaskan, akses internet yang diberikan itu memiliki kecepatan yang sangat tajam yakni 100 Mega bits per second (Mbps). Oleh karena itu, ia berharap fasilitas ini dapat membantu masyarakat dalam mengakses informasi positif dari layanan tersebut.

“Untuk pesantren, itu untuk peningkatan fasilitas pendidikan, agar siswa dan para pendidik bisa mengakses informasi dari internet untuk yang bermanfaat menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan untuk kepentingan jalannya penyelanggara pendidikan di pesantren,” pungkasnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate hadir ke Aceh untuk menghadiri Kenduri Kebangsaan di Kabupaten pada Jumat, 22 Februari 2020. Selain itu, ia juga menyempatkan hadir pada silaturahmi bersama kader Partai Nasdem di salah satu hotel di Lampineung, Banda Aceh kemarin sore.*(C-008)

Comments
Loading...