KMP Aceh Hebat 2 Tiba di Banda Aceh, Gubernur Lakukan Pengecekan Kapal

POPULARITAS.com -Impian masyarakat Sabang untuk memiliki kapal baru dengan kapasitas lebih besar dan lengkap kini sudah terwujud, KMP Aceh Hebat 2 yang dibuat menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) 2019, pagi tadi tiba di pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.

Pukul 09.30 wib Gubenur Aceh Nova Iriansyah dan rombongan tiba di pelabuhann Ulee Lheue guna melakukan pengecekan fasilitas kapal yang diperuntukkan untuk masyarakat Sabang dan Banda Aceh tersebut.

Kapal yang ditargetkan selesai pada akhir Desember 2020  ini,  ternyata bisa selesai lebih awal, dari lima hari lalu Gubernur Aceh menerima kabar jika kapal KMP Aceh Hebat 2 akan berlayar ke Aceh dari galangan kapal di Madura Jawa Timur.

Untuk sampai ke Aceh, Kapal yang dinahkodai Kapten Bambang ini menempuh perjalanan laut selama 5 hari dengan kecepatan 14 knot/jam.

KMP Aceh Hebat 2

Disela-sela pengecekan kapal tersebut, Nova Iriansyah berpesan kepada Masyarakat untuk menjaga dan merawat kapal milik rakyat ini. Karena untuk mendapatkannya sangat sulit, namun lebih sulit lagi dalam merawatnya.

“Kapal ini memiliki fasilitas yang lengkap dan canggih, dan saya berpesan pada masyarakat untuk bisa menjaga dan merawatnya, karena untuk mendapatkannya sangat sulit, dan lebih sulit lagi untuk merawatnya. Secara usia kapal ini akan bertahan 30 tahun jika dijaga dengan baik dan bisa dinikmati anak cucu kita kedepan,” pesan Nova Iriansyah.

Saat ditanyai awak media kapan kapal yang berkapasitas 252 penumpang dan 26 unit mobil dengan jenis 18 unit truk, 8 unit sedan ini akan di opeasikan, ia belum bisa memastikan tanggalnya, karena secara aturan untuk pengelolaannya harus mengikuti proses lelang, dan ASDP memiliki peluang besar untuk lelangnya. Setelah proses lelang selesai KMP Aceh Hebat 2 akan segera berlayar.

Gubernur Aceh Nova Iriansyah

“Secara aturan harus dilelang dulu untuk pengelolanya, sesegera mungkin akan berlayar, kurang lebih 1 bulan lagilah, pertengahan Januari sudah jalan, setelah semua proses lelang selesai,” jelas Gubernur Aceh.

Kapal yang yang memiliki kapasitas 1180 GT memiliki fasilitas yang sangat canggih dan dilengkapi dengan Voyage Data Recorder (VDE). Saat peluncuran awal November lalu KMP Aceh Hebat 2 sudah rampung dikerjakan, hanya tinggal 6 persen lagi yang belum selesai.[acl]

Comments
Loading...