News

Klub Barongsai Aceh Ikut Turnamen Internasional di Tiongkok

BANDA ACEH (popularitas.com) – Klub Barongsai Golden Dragon binaan Yayasan HAKKA Aceh, akan mengikuti turnamen Barongsai Internasional di Tiongkok, pada 17-22 September 2019 mendatang.

Golden Dragon ditunjuk mewakili Perkumpulan Hakka Indonesia Sejahtera (PHIS) untuk berlaga di turnamen barongsai Internasional “Gong Yi Cooper Camel Cup HAKKA Dragon, dan Lion Dance International Invitational Tournament”.

Kepastian Golden Dragon mengikuti turnamen itu usai mendapat rekomendasi dari Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Aceh dan KONI Aceh.

“Turnamen ini akan digelar di Kota Henan, Zhengzhou, Tiongkok. Kami membawa 9 atlet dan 4 official,” kata Ketua Yayasan HAKKA Aceh, Kho Khie Siong alias Aky, Jumat 6 September 2019 di Banda Aceh.

Kho Khie Siong mengatakan, mereka akan mengikuti satu kategori yaitu Toulo Bebas (Tonggak), sebagai kategori paling bergengsi di olahraga Barongsai.

Golden Dragon yang dibina Yayasan HAKKA Aceh sendiri, telah malang-melintang di beberapa kejuaraan Nasional. Mereka pernah berhasil meraih medali Perunggu dalam ajang PON XIX di Jawa Barat, tahun 2016 lalu.

Kesempatan mengikuti kejuaraan barongsai tingkat dunia itu, Kho Khie Siong pun berharap dukungan dari segenap lapisan masyarakat Aceh dan Indonesia, agar dapat meraih prestasi yang membanggakan.

“Kepercayaan dan kesempatan ini menjadi berkah bagi semua masyarakat Aceh secara umum, karena dapat memperkenalkan dan mempromosikan daerah Aceh juga ke tingkat dunia. Kami berharap dukungannya,” pungkas Aky.* (ASM)

Shares: