News

Kloter pertama jemaah haji Aceh tiba malam ini

Kloter pertama jemaah haji Aceh tiba malam ini
Kloter pertama jemaah haji Aceh berada di dalam pesawat menuju Tanah Rencong, Selasa (26/7/2022). Foto: Ist

POPULARITAS.COM –  Jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 01-BTJ dijadwalkan akan tiba di Aceh malam ini, Selasa (26/7/2022).

Koordinator Humas dan Penerangan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Aceh, Tajri bin Yakub mengatakan, berdasarkan laporan dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) kloter 01-BTJ, Muhammad Qusay, jemaah sudah check out dari hotel sejak Senin (25/7/2022) jam 23.00 untuk diberangkatkan ke Jeddah.

Lalu, Selasa (26/7/2022) pagi, jemaah berangkat dari bandar udara internasional King Abdul Aziz (JED), Jeddah, jam 07.05 Waktu Arab Saudi dan diperkirakan tiba di bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ) pada hari yang sama jam 19.30 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Qusay juga melaporkan ada 3 jemaah yang menggunakan kursi roda dan 7 jemaah lainnya dalam pantauan khusus TKHI (Tenaga Kesehatan Haji Indonesia) kloter 1.

Ia juga memastikan bahwa petugas kloter sudah melakukan pengecekan dan merapikan paspor dengan pihak maktab untuk ketertiban jemaah saat kepulangan.

Sementara itu, Tajri mengatakan, setelah tiba, dari bandara para jemaah akan dibawa ke Asrama Haji Aceh. untuk pemeriksaan kesehatan, mengikuti upacara pelepasan, pengembalian paspor, pengambilan koper dan air zamzam, lalu kembali ke keluarga masing-masing.

“Begitu turun dari bus di asrama, jemaah angsung masuk ke ruang pemeriksaan antigen menurut urutan kendaraan bis dan nomor urut seat,” kata Tajri.

“Setelah antigen baru jemaah memasuki aula Jeddah untuk mengikuti upacara pelepasan ke daerah masing-masing, pengembalian paspor dan pengambilan koper,” katanya melanjutkan.

Sementara air zamzam akan diserahkan oleh petugas di asrama kepada petugas haji daerah menurut data jemaah per daerah.

“Kita usahakan, sebelum jemaah tiba di asrama, air zamzam sudah diterima oleh petugas daerah masing-masing,” ujat Tajri.

Tajri juga mengatakan bahwa kloter 1 yang berangkat ke Arab Saudi sejumlah 393 jemaah. “Namun ada 2 jemaah asal Pidie Jaya yang meninggal di Arab Saudi,” kata Tajri.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dua jemaah kloter 01-BTJ asal Pidie Jaya, Muslim bin Abdul Wahab Salam (51 tahun) meninggal dunia di dalam pesawat 15 menit sebelum landing di bandara Amir Muhamnad bin Abdul Aziz, Madinah, Rabu (15/6/2022) dan Abdul Manaf bin Dahlan Abubakar (55 tahun) meninggal dunia di Rumah Sakit Al Noor, Mekah, Minggu (10/7/2022).

Jadi, jelas Tajri, ada 149 jemaah laki-laki dan 242 jemaah perempuan yang kembali ke Aceh. Rinciannya, 187 orang dari Kota Banda Aceh, 70 dari Kabupaten Aceh Besar, 57 orang dari Aceh Utara dan 52 orang dari Pidie Jaya, ditambah empat petugas kloter dan dua Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

Shares: