Kisah Serda Putra Rahaldi, prajurit TNI asal Aceh yang gugur di Papua

POPULARITAS.COM – PUTRA Rahaldi tiga tahun silam, tepatnya 2018 menamatkan pendidikan di sekolah bintara TNI AD. Menyandang pangakat Sersan Dua (Serda), pria yang berasal dari Kabupaten Simeulue, provinsi Aceh itu, beberapa waktu yang lalu, menjalankan misi ke ujung Timur Indonesia, persisnya di Papua.

Jumat, 3 Desember 2021, Serda Putra Rahaldi gugur akibat serangan yang dilakukan oleh KKB di Papua. Kala itu, Ia dan rekannya hendak mengambil air dibelakang Pos Koramil, berondongan senjata dari perbukitan menembus dada anak nelayan itu.

Sementara, rekannya, Praka Suheri selamat, dan hanya alami luka pada bagian pantat.

Panglima Kodam XVII/Cendrawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, dalam keterangannya mengatakan, kedua prajurit tersebut ditembak dari perbukitan yang berada dibelakang Pos Koramil Persiapan Suru-suru, Kodim 1715/Yahukimo.

“Kejadiannya sekitar pukul 13.45 WIB,” terang Pangdam.

Komandan Kodim (Dandim) 0115 Simeulue, Kodam Iskandar Muda, Letkol Inf Yogi Bahtiar, mengatakan prajurit TNI Serda Putra Rahaldi yang gugur ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Provinsi Papua rencananya dimakamkan di Taman Bahagia, Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh.

“Rencananya, jenazah Serda Putra Rahaldi akan dimakamkan di Taman Bahagia, Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue,” kata Letkol Inf Yogi Bahtiar, dikutip dari Antara, Sabtu (4/12/2021).

Letkol Inf Yogi Bahtiar mengatakan Kodim 0115 Simeulue dan jajaran masih menunggu informasi lebih lanjut terkait pemulangan jenazah Serda Putra Rahaldi.

Kodim 0115 Simeulue dan jajaran, kata Letkol Inf Yogi Bahtiar, juga sudah menyiapkan penerimaan pemulangan jenazah Serda Putra Rahaldi di rumah duka di Desa Suka Maju, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue.

Redi Anwar, abang almarhum Serda Putra Rahaldi, mengatakan adiknya tersebut merupakan anak keempat dari lima bersaudara. Ayah mereka bernama Darlimsyah yang sehari-hari bekerja sebagai nelayan.

“Sedangkan ibu kami, Warni, hanya seorang ibu rumah tangga. Adik saya tersebut belum menikah. Kami dari keluarga nelayan,” kata Redi Anwar menyebutkan.

Bupati Simeulue Erli Hasim menyampaikan duka cita atas meninggalnya Serda Putra Rahaldi, Anggota TNI asal Simeulue saat bertugas di Provinsi Papua.

“Pemerintah daerah dan masyarakat Simeulue ikut berduka cita atas meninggalnya putra terbaik kami yang sedang melaksanakan tugas negara. Semoga Allah SWT memberikan pahala sebagai syuhada dan diterima di sisi Nya,” kata Erli Hasim.

Serda Putra Rahaldi gugur ditembak KKB di Papua, pada Jumat (3/12/2021). Saat itu, ia bersama rekannya sesama prajurit TNI hendak mengambil air di penampungan berjarak beberapa meter dari Pos Koramil Suru Suru, Timika, Papua.

Editor : Hendro Saky

Comments
Loading...