KIP Banda Aceh mulai sosialisasikan tahapan pemilu

POPULARITAS.COM – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh mulai menyosialisasikan pemilu menyusul sudah diluncurkan tahapan pesta demokrasi lima tahunan tersebut oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Ketua KIP Kota Banda Aceh Indra Milwady di Banda Aceh, Rabu (15/6/2022), mengatakan sosialisasi untuk memberikan pemahaman agar meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap Pemilu 2024.

“Dengan sosialisasi ini kami berharap partisipasi masyarakat menyukseskan pemilu meningkat, sehingga sehingga terwujud pesta demokrasi berkualitas,” kata Indra Milwady menyebutkan.

Indra Milwady mengatakan Pemilu 2024 ada empat pemilihan legislatif, terdirisatu pemilihan presiden dan satu pemilihan kepala daerah. Pemilihan legislatif dan presiden digelar serentak pada 14 Februari 2024.

“Sedangkan pilkada digelar terpisah pada 27 November 2024. Untuk pilkada digelar masing-masing KPU atau KIP daerah. Sementara, pemilu legislatif dan pemilihan presiden digelar terpusat oleh KPU RI,” kata Indra Milwady.

Menyangkut pelaksanaan tahapan Pemilu 2024, Indra Milwady mengatakan selanjut KIP Banda Aceh akan melakukan berbagai persiapan seperti menyusun rencana kerja dan anggaran yang dibutuhkan.

“Kendati tahapan pemilu sudah diluncurkan, namun detailnya belum kami terima. Sebab, pemilu legislatif dan pemilihan presiden merupakan kewenangan. KIP Banda Aceh hanya menjalankan yang ditugaskan KPU RI,” kata Indra Milwady. (ANT)

Comments
Loading...