EkonomiNews

Ketua Kadin Ajak Mahasiswa Bersinergi Bangun Ekonomi Aceh

Ketua Kadin Aceh Makmur Budiman ajak mahasiswa UIN bersinergi bangun perekonomian Aceh. | Foto: Rachmat Dicky Satria

BANDA ACEH (popularitas.com) – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh, Makmur Budiman, mengajak mahasiswa untuk membangun perekonomian Aceh. Mereka juga diajak untuk mengawasi dana otonomi khusus yang hingga saat ini masih dikucurukan untuk daerah tersebut.

Ajakan ini disampaikan Makmur Budiman dalam diskusi publik bersama mahasiswa yang berlangsung di ruang teater Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar Ranirry Banda Aceh, Selasa, 3 Desember 2019 kemarin.

Dalam diskusi tersebut, Makmur mengatakan kondisi Aceh hari ini belum memuaskan dari segi pembangunan, baik pembangunan fisik, pembangunan ekonomi dan pembangunan manusia. Menurutnya meskipun Aceh sudah mendapatkan kucuran dana besar melalui fasilitas Otsus, tetapi belum juga berpengaruh pada perbaikan kesejahteraan rakyat Aceh.

“Aceh masih menjadi yang terbelakang,” kata Makmur.

Ketua Kadin Aceh ini juga mengakui hingga saat ini daerah tersebut masih menjadi provinsi paling miskin di Pulau Sumatera. Hal ini dikarenakan dana besar tersebut salah urus dan salah sasaran, sehingga tidak ada kemakmuran dan kesejahteraan untuk masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Makmur turut mengajak mahasiswa untuk berpikir produktif serta mempertanyakan kenapa dana Otsus tidak bergerak. “Karena kita kurang mengawasi. Kita kurang jiwa membangun Aceh. Kita Harus berpikir kolaborasi bersama bagaimana caranya dana Otsus dapat produktif, bagaimana caranya pemerintah kita jauh lebih baik,” katanya.

“Jadi sekarang kita harus berpikir bagaimana kita harus bisa kreatif, kolaboratif dan komunikatif serta multitalenta,” ujar Makmur lagi.

Sementara itu, Ketua Himahesa Reza Hendra Putra, berharap semua elemen yang ada di Aceh, baik pemerintah Aceh, legislatif Aceh, dan lembaga-lembaga lainnya untuk bersinergis.

Dia juga mengajak seluruh anak muda untuk mampu meningkatkan dan mengupdate diri serta terus mengawasi Dana Otsus ke depan. Terutama di tahun-tahun yang akan datang.

“Mari Kita doakan semoga dana Otsus ini bukan hanya diperpanjang, tetapi kita harapkan dana Otsus ini bisa tetap. Dan kita harus dapat mengoptimalkan dengan baik. Dengan bekerjasama kita gerakkan bangsa ini, kita gerakkan Aceh ini,” pungkas Reza Hendra Putra.* (C-007)

Shares: