News

Ketua Dekranasda Aceh kunjungi Kriya Sriwijaya di Palembang

Ketua Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh, Dyah Erti Idawati, kunjungi Kriya Sriwijaya di Kota Palembang, Senin (29/11/2021).
Ketua Dekranasda Aceh kunjungi Kriya Sriwijaya di Palembang
Ketua Dekranasda Sumatera Selatan, Ny. Feby Deru, saat mendampingi Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati di Kriya Sriwijaya, Senin (29/11/2021)

POPULARITAS.COM – Ketua Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh, Dyah Erti Idawati, kunjungi Kriya Sriwijaya di Kota Palembang, Senin (29/11/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Ketua Dekranasda Aceh dan para pengurus melakukan studi banding terkait dengan pengelolaan Kriya Sriwijaya dan juga proses pembuatan tenun, serta kerajinan yang di pajang pada galeri itu.

Dalam kunjungan tersebut, Dyah dan rombongan disambut langsung Ketua Dekranasda Sumsel, Feby Deru.

Hampir dua jam lebih, istri Gubernur Aceh ini diajak berkeliling melihat beragam produk kerajinan tangan dan juga menyaksikan proses pembuatan tenun.

Pada kesempatan itu, Dyah menyampaikan kekaguman atas inovasi produk dari hasil karya UMKM dan pencapaian yang telah dilakukan oleh Dekranasda Sumsel.

“Luar bisa kemajuan industri kerajinan Sumatera Selatan. Di sini semua lengkap ada produk tenun dari 17 kabupaten kota di Sumsel. Desainnya menarik dan anyaman sangkek purunnya bagus sekali,” ujar Dyah.

Ketua Dekranasda Aceh antusias dan siap mengadopsi cara Sumsel dalam mengembangkan produk-produk lokal, yang siap bersaing di pasar nasional.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi inspirasi kami (Aceh). Kunjungan ini kami jadikan sebagai studi banding, supaya industri kerajinan Aceh ke depan bisa lebih maju seperti Palembang,” lanjut Dyah saat diwawancarai wartawan.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Sumsel, Feby Deru, mengaku bahagia atas kehadiran Dyah ke Kriya Sriwijaya. 

“Semoga apa yang ditampilkan Kriya Sriwijaya dan program yang telah dilakukan oleh Dekranasda Sumsel bisa bermanfaat bagi kemajuan industri kerajinan tangan di Aceh,” ujarnya.

Untuk diketahui, Kriya Sriwijaya merupakan salah satu program dari Dekranasda Sumatera Selatan yang baru diresmikan pada tahun 2020.

Tujuan didirikan Kriya Sriwijaya adalah sebagai pusat edukasi dan kerajinan dari 17 kabupaten/kota di Sumsel dengan menampilkan beragam karya dari pelaku UMKM, di antaranya songket, batik, gerabah, kerajinan anyaman purun, Kerajinan angkinan, dan ukiran.

Editor : Hendro Saky

Shares: